AHY Jadi Ketum Baru, Demokrat Dinilai Lewati Masa Kritis

Zunita Putri - detikNews
Senin, 16 Mar 2020 09:25 WIB
Rico Marbun
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Partai Demokrat telah menetapkan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Ketua Umum Partai Demokrat yang baru. Pengamat politik Rico Marbun menilai dengan terpilihnya AHY, Demokrat dianggap sudah melewati masa kritisnya.

"Demokrat akan menjadi partai masa depan bila AHY berhasil menunjukkan kinerja yang moncer, terpilihnya AHY menunjukkan Demokrat sudah melewati fasa kritis regenerasi partai," ujar Rico saat dihubungi, Minggu (15/3/2020).

Meski begitu, Rico menilai Demokrat tak luput dengan trah Yudhoyono yang sudah melekat pada partai berlambang logo merci itu. Namun, AHY dinilai bisa menyeimbangi antara trah Yudhoyono dan kader lainnya, dia dinilai sudah berani menyatu dan tidak selalu bergantung dengan sosok SBY.

"Kondisi itu agak berbeda dengan sangat besarnya pengaruh Ibu Mega di PDIP, atau dalam situasi lain, situasi 'hangat' di PAN terkait posisi Pak Amien," ucapnya.

"Kedua, terpilihnya AHY berarti sudah ada konsensus pembagian, peran antara AHY dan Ibas (Edhie Baskoro), tinggal sekarang AHY bertindak sebagai solidarity maker di tubuh partai," imbuhnya.

Rico juga memprediksi nama AHY akan bertengger di Capres 2024 melawan Anies Baswedan-Sandiaga Uno. Dia menyebut AHY memiliki peluang besar.

"Dan menurut survei kami, nama AHY bertengger di posisi ke 4 , setelah Prabowo, Anies Baswedan dan Sanidaga Uno dalam pertarungan elektabilitas capres jelang 2024, ini modal dasar yang bagus untuk pilpres dan pileg 2024," ucapanya.

(zap/eva)