Cegah Penyebaran Corona, Kampus UNP Berlakukan Kuliah Online

Jeka Kampai - detikNews
Senin, 16 Mar 2020 02:30 WIB
Rektor Universitas Negeri Padang, Ganefri
Rektor Universitas Negeri Padang, Ganefri (Foto: Jeka Kampai)
Padang -

Universitas Negeri Padang (UNP) menghentikan perkuliahan tatap muka selama satu bulan ke depan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau COVID-19. Perkuliahan dialihkan menjadi kuliah online.

"Dalam mengantisipasi penyebaran virus Corona, kita keluarkan kebijakan mengubah perkuliahan secara langsung, tatap muka, face to face menjadi perkuliahan online learning, menggunakan platform e-learning dari Universitas Negeri Padang," kata Rektor Universitas Negeri Padang, Ganefri kepada wartawan, Minggu (15/3/2020).

Menurut Ganefri, kebijakan mengubah pola perkuliahan itu dilakukan setelah melalui Rapat Pimpinan Universitas dan pertimbangan dari Senat Akademik UNP.

"Dalam satu bulan ke depan kita anjurkan kepada semua civitas akademika kita sarankan untuk online learning, baik mata kuliah teori maupun praktek," ujarnya.

Ganefri menjelaskan mata kuliah praktek bisa dilakukan dengan bentuk penugasan atau bentuk lain. Kalaupun tidak bisa, dosen diharapkan mencari waktu yang pas untuk mengganti peningkatan keterampilan mahasiswa.

"Tidak perlu panik. Yang penting jaga kesehatan dan memperkuat daya tahan tubuh. Kami himbau semua pihak untuk menjaga kebersihan dan mengusahakan tidak melakukan kontak langsung dengan sesama," ucapnya.

UNP sendiri baru saja melakukan pertemuan massal dengan wisuda selama dua hari, sepanjang Sabtu (14/3/2020) hingga Minggu (15/3/2020). Agenda dalam ruangan penuh orang itu terpaksa dilakukan di tengah persoalan pandemi Covid-19, karena mempertimbangkan bahwa kegiatan Wisuda adalah hal yang ditunggu semua mahasiswa dan orang tuanya.

"Ada total 2.037 yang diwisuda selama dua hari. Kita terpaksa harus tetap melakukan wisuda, karena ini adalah yang ditunggu mahasiswa selama empat tahun," tuturnya.

(eva/eva)