261 Karateka se-Bekasi Ikuti Ujian Kenaikan Tingkat

Abu Ubaidillah - detikNews
Minggu, 15 Mar 2020 23:24 WIB
Kemenhub
Foto: Kemenhub
Jakarta -

Sebanyak 261 karateka se-Kabupaten Bekasi mengikuti ujian kenaikan tingkat atau penurunan kyu di Bekasi. Ujian ini diikuti oleh pemegang sabuk putih hingga coklat yang berasal dari 13 dojo (ranting) Lembaga Karate-do Indonesia (Lemkari) se-Kabupaten Bekasi.

"Ujian penurunan kyu kali ini memiliki slogan Lemkari Jaya Lemkari Gemilang merupakan kegiatan yang dilakukan secara berkala setiap semester dan kali ini dilaksanakan setelah ujian akhir semester sekolah umum," terang Ketua Dewan Guru, Shuseki Shihan Haried Tanning dalam keterangan tertulis, Minggu (15/3/2020).

Selain Shuseki, ujian yang dilaksanakan di Gedung PGRI Metland Tambun Selatan itu dihadiri pula oleh Dewan Guru Shinan Yulianto dan Ketua Pengurus Provinsi Sensei Sugeng Riyanto. Dalam kesempatan itu, Shuseki berharap agar dengan karate, kesehatan para karateka dapat terjaga, kekuatan tubuh bisa terbentuk dan kondisi fisik yang prima mampu mencegah berbagai macam penyakit.

Ia berharap agar para karateka memiliki semangat untuk berkembang sehingga mampu mengukir prestasi baik di tingkat nasional atau internasional melalui cabang olahraga yang membutuhkan kecepatan berpikir, bertindak, serta ketahanan fisik ini.

"Dengan ujian penurunan kyu ini diharapkan para Karateka dapat lebih bersemangat dalam latihan dan mengejar prestasi," tambahnya.

Menurutnya, dengan menggabungkan kecerdasan otak dan kemampuan fisik, beladiri karate akan menumbuhkan kepercayaan diri dan kreativitas dalam diri masing-masing. Selain berprestasi, harapannya untuk para karateka adalah mampu berguna dalam kehidupan bermasyarakat sehari-hari.

"Sebagai seorang karateka yang mempunyai kelebihan beladiri, kalian dituntut untuk menjauhi sifat tercela, apalagi sampai terjebak pada sifat angkuh dan sombong, karena ilmu karate bukan untuk dipamerkan atau digunakan semena-mena, tirulah ilmu padi semakin berisi akan semakin merunduk," tutup Shuseki.

(akn/ega)