Pemerintah: Tak Ada Laporan COVID-19 Jadi Sebab Tunggal Kematian

Zunita Putri - detikNews
Minggu, 15 Mar 2020 18:49 WIB
Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Achmad Yurianto yang juga juru bicara pemerintah untuk penanganan virus Corona memberikan keterangan pers di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (6/3/2020). Dalam keterangan persnya Achmad Yurianto menyampaikan sebanyak empat orang dinyatakan suspect virus Corona karena telah melakukan kontak langsung dengan warga Depok yang positif sebelumnya dan mengalami gejala-gejala awal seperti Influenza yang kini tengah diobservasi dan menunggu hasil pasti dari pemeriksan laboratorium. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/wsj.
Foto dr Achmad Yurianto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Jakarta -

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menegaskan virus Corona bukan penyebab tunggal kematian. Kemenkes menyebut selama ini pasien positif virus Corona yang meninggal itu memiliki riwayat penyakit lain.

"Tidak ada laporan COVID-19 menjadi penyebab tunggal dari sebuah kematian," ujar Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto di Istana Kepresidenan, Jakarta, Minggu (15/3/2020).

Yuri mengatakan saat ini pasien yang dinyatakan meninggal itu selalu membawa penyakit bawaan. Penyakit yang dibawa biasanya itu penyakit berat sehingga dokter yang menangani lebih fokus ke penyakit bawaan pasien.

"Ya kita susah kalau ada pasien masuk dengan gula darah 600, dan kolesterol tinggi dengan kelainan jantung ini repot, artinya kita concern sama itunya. Kalau COVID-19 nggak terlalu," katanya.

Diketahui, pasien yang positif COVID-19 dan dinyatakan meninggal per hari ini sebanyak 5 orang. Sedangkan jumlah pasien positif per sore ini dinyatakan berjumlah 117 orang.

Cegah Corona, Jokowi: Kerja, Belajar, dan Ibadah di Rumah:

[Gambas:Video 20detik]



(zap/dnu)