Pemprov DKI Siapkan 500-1.000 Tempat Tidur di RS Rujukan untuk PDP Corona

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 15 Mar 2020 16:52 WIB
Jumlah total kasus virus Corona atau Covid-19 di Korsel telah mencapai 7.513 kasus. Korsel pun terus berperang melawan Corona karena jumlah pasien terus bertambah.
Foto: Getty Images/Chung Sung-Jun
Jakarta -

Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta menyiapkan 500-1000 tempat tidur (bed) di Rumah Sakit (RS) rujukan Corona DKI Jakarta. Adapun, tempat tidur ini diperuntukkan untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

"Kapasitas kami siapkan 500-1000 tempat tidur (untuk) pasien dalam pengawasan," Kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Sri Widyastuti di Balai Kota, Jakarta Pusat pada Minggu (15/3/2020).

Dalam menangani virus Corona, Sri menyampaikan bahwa Pemprov DKI telah melakukan persiapan secara dini. Persiapan ini dilakukan sebagai upaya peningkatan kapasitas pencegahan virus corona khususnya bagi warga DKI Jakarta yang berstatus PDP.

"Kami sambil proses ada jalan keluarnya. Kalau nunggu penetapan nanti takut terlambat karena sudah persiapkan dari sekarang," ujarnya.

Ia juga menyebutkan bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan BUMN untuk membahas kemungkinan beberapa RS rujukan lain akan bergabung menjadi satu untuk penanganan pasien Corona.

"Termasuk berkoordinasi dengan BUMN agar beberapa RS yang holding yang akan digabung jadi satu untuk didedikasikan untuk perawatan pasien terkait Covid-19 ini," Sambungnya.

Menteri-menteri Jokowi Merapat ke RSPAD untuk Tes Corona:

[Gambas:Video 20detik]



(zlf/zlf)