Cegah Corona, Unhas Terapkan Kuliah Online dan Tunda Wisuda

Muhammad Nur Abdurrahman - detikNews
Minggu, 15 Mar 2020 15:32 WIB
Kampus Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar.
Kampus Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar. (Taufik/detikcom)
Jakarta -

Rektorat Universitas Hasanuddin (Unhas) meningkatkan kewaspadaan penyebaran virus Corona (COVID-19) di kampusnya dengan menerapkan sistem kuliah online (daring). Selain itu, wisuda periode III yang sudah dijadwalkan pada 17-18 Maret ditunda hingga situasi membaik.

Rektor Unhas Prof Dwia Aries Tina dalam rilisnya menyebutkan, berdasarkan pernyataan resmi badan kesehatan dunia, WHO, tentang status pandemi COVID-19 serta Surat Edaran Mendikbud No 3 Tahun 2020, pihaknya menerbitkan Surat Edaran Nomor 7522/UN4.1/PK.03.02/2020 tentang kesiapsiagaan dan upaya pencegahan penyebaran infeksi COVID-19 di lingkungan Unhas.

"Kegiatan pembelajaran dari 16 hingga 28 Maret, kuliah tatap muka dilakukan dengan sistem daring, termasuk praktik laboratorium, praktik lapangan, praktik industri dilakukan tanpa pertemuan langsung," ujar Dwia, Minggu (15/3/2020).

Dwia berharap pimpinan fakultas, program studi, serta lembaga penjaminan mutu dan pengembangan pendidikan ikut mendukung para dosen yang melakukan pembelajaran daring.

Dwia juga menekankan para dosen dan mahasiswa tidak melakukan perjalanan ke luar negeri. Termasuk, kunjungan mitra Unhas dari luar negeri ditiadakan sementara. Dwia meminta pihak terkait memberikan pemahaman kepada mitra dan tamu Unhas dari luar negeri akibat penyebaran virus Corona ini.

"Semua kegiatan yang memungkinkan adanya kerumunan orang di lingkungan Unhas ditunda, termasuk perjalanan dalam negeri bagi dosen, tenaga pendidikan, dan mahasiswa, ke daerah yang potensial terinfeksi COVID-19," pungkas Guru Besar Sosiologi Unhas ini.

Sebelum terbitnya surat edaran Rektor Unhas terkait penundaan waktu wisuda yang akan diikuti 2.094 jenjang S1 hingga S3, rapat panitia wisuda Unhas yang dipimpin Wakil Rektor I Unhas Prof. Muhammad Restu lebih dahulu memutuskan meniadakan tradisi jabat tangan antara rektor, dekan, dan mahasiswa di acara wisuda untuk mencegah penyebaran virus COVID-19.

Video Tips Jokowi Cegah Virus Corona:

[Gambas:Video 20detik]



(mna/yld)