Jokowi Minta Pemda Tingkatkan Layanan Tes Corona dan Optimalkan RS Daerah

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Minggu, 15 Mar 2020 14:58 WIB
Masih ada sekitar 9 juta jiwa di Indonesia yang berada di garis kemiskinan. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan angka kemiskinan ekstrem hilang di tahun 2024.
Presiden Jokowi (Andhika Prasetya/detikcom)
Bogor - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pemerintah daerah meningkatkan pelayanan tes COVID-19. Dia juga meminta pemda mengoptimalkan kemampuan rumah sakit di daerah.

"Meningkatkan pelayanan pengetesan infeksi COVID-19 dan pengobatan secara maksimal dengan memanfaatkan kemampuan rumah sakit daerah," kata Jokowi melalui video yang disiarkan langsung Sekretariat Presiden di Istana Kepresidenan Bogor, Bogor, Jawa Barat, Minggu (15/3/2020).

Jokowi juga meminta pemda bekerja sama dengan rumah sakit swasta dan lembaga riset yang direkomendasikan Kementerian Kesehatan dalam menangani virus Corona di daerahnya.

"Bekerja sama dengan rumah sakit swasta serta lembaga riset dan pendidikan tinggi yang direkomendasikan oleh Kementerian Kesehatan," ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi juga memerintahkan kepala daerah menentukan status bencana di daerah masing-masing.

"Saya minta kepada seluruh gubernur, kepada seluruh bupati, kepada seluruh wali kota untuk terus memonitor dan berkonsultasi dengan pakar medis dalam menelaah setiap situasi yang ada," kata Jokowi. (mae/dhn)