ABK Diamond Princess Sudah Dipulangkan, Pulau Sebaru Segera Didekontaminasi

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Minggu, 15 Mar 2020 14:32 WIB
Suasana Pulau Sebaru (M Ilman Nafian-detikcom)
Foto: Suasana Pulau Sebaru (M Ilman Nafi'an-detikcom)
Jakarta -

Anak buah kapal (ABK) Diamond Princess sudah dipulangkan dari pulau Sebaru Kecil usai menjalani observasi terkait virus Corona. Pulau tersebut akan segera didekontaminasi oleh petugas.

"Petugas masih di sana karena ini harus didekontaminasi semuanya, peralatan maupun sarana prasarana yang kemarin kita gunakan untuk observasi. Nanti saya beri waktu satu minggu untuk menarik semuanya secara bertahap karena peralatan di sana banyak sekali," kata Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) Laksamana Madya Yudo Margono usai serah terima ABK Diamond Princess di Kolinlamil Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (15/3/2020).

Dia mengatakan, dekontaminasi itu dilakukan 6 jam setelah pemulangan ABK Diamond Princess. Setelah itu, Pulau Sebaru Kecil kembali bisa dikunjungi masyarakat.

"Boleh. Silakan saja. Yang penting setelah 6 jam yang kedua ini langsung kita dekontaminasi semua peralatan. Jadi yang kemarin sudah, ini ditinggalkan, setelah 6 jam baru kita laksanakan dekontaminasi," ucapnya.

Yudo menyebut, semua ABK yang dipulangkan dari pulau Sebaru Kecil itu dalam kondisi sehat. Mereka juga sudah mendapatkan sertifikat kesehatan usai menjalani observasi.

"Alhamdulillah kondisinya sampai saat ini sehat semuanya, dan tadi di kapal sudah kita laksanakan prosesi penyerahan dari saya Pangkogasgapad yang membawahi pelaksanaan observasi mereka di KRI Soeharso sampai di pulau Sebaru," ujarnya.

Simak video Bebas Corona, Kapal Pesiar Columbus Diizinkan Sandar di Semarang:

[Gambas:Video 20detik]



(abw/zlf)