WNI ABK Diamond Princess Tiba di Tanjung Priok, Dipulangkan ke 11 Provinsi

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Minggu, 15 Mar 2020 13:39 WIB
ABK Diamond Princess dipulangkan usai observasi. (Foto: Antara)
ABK Diamond Princess dipulangkan usai observasi. (Foto: Antara)
Jakarta -

Sebanyak 68 WNI yang menjadi Anak Buah Kapal (ABK) Diamond Princess sudah sampai di Tanjung Priok usai menjalani observasi terkait virus Corona. Mereka selanjutnya segera dipulangkan ke daerah asal di 11 provinsi.

"(Mayoritas) dari Jawa Timur, Bali, Jawa Tengah. Total 11 daerah, 11 provinsi, termasuk DKI Jakarta," kata Direktur Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri, Safrizal, di Kolinlamil Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (15/3/2020).

Safrizal mengatakan ABK yang berasal dari Jakarta dan Jabar langsung dipulangkan hari ini. Sedangkan ABK yang pulang ke daerah lain akan diterbangkan besok.

"Yang Jabar langsung pulang lewat darat, tapi diantar keluar dulu oleh Kolinlamil, karena kendaraan tidak boleh bebas masuk, juga yang DKI Jakarta dijemput keluarganya," ucapnya.

Dia menyebut proses pemulangan ABK ini juga sudah dikoordinasikan dengan pemerintah daerah di 11 provinsi yang mereka tuju. Sebelum pulang, ABK ini sudah dibekali sertifikat kesehatan.

"Serah-terimanya juga di atas kapal, sertifikat kesehatan juga di atas kapal, jadi selama perjalanan itu digunakan untuk itu," ujarnya.

Bebas Corona, Kapal Pesiar Columbus Diizinkan Sandar di Semarang:

[Gambas:Video 20detik]