Cegah Penyebaran Corona, UMN Gelar Kuliah hingga UTS Secara Online

Nurcholis Maarif - detikNews
Minggu, 15 Mar 2020 09:02 WIB
UMN
Foto: Dok. UMN
Jakarta -

Universitas Multimedia Nusantara (UMN) memutuskan untuk menggelar Ujian Tengah Semester (UTS) secara online buat mahasiswanya pada 16-28 Maret. Lalu perkuliahan yang dimulai sejak 30 Maret 2020 juga bakal dilakukan secara online.

Hal tersebut dilakukan merespons usai ditetapkannya virus Corona (COVID-19) sebagai pandemik oleh WHO. Keputusan yang tertuang dalam SK Rektor No.075/SK-R/III/2020 ini juga menyebut kebijakan tersebut untuk meminimalisir interaksi dan mencegah terjadinya penyebaran COVID-19 di lingkungan UMN.

"Hal tersebut kami lakukan guna meminimalisir interaksi dengan jumlah orang banyak dan mencegah terjadinya penyebaran virus Corona di lingkungan kampus," ujar Rektor UMN Ninok Leksono dalam keterangan tertulis, Minggu (15/3/2020).

"UMN sudah mengantisipasi hal ini dari minggu lalu, sehingga materi soal UTS pun sudah disiapkan oleh para dosen dan dikumpulkan ke kampus pada Selasa (10/3/2020) lalu," imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Rektor II UMN Andrey Andoko mengatakan UMN telah mengantisipasi kemungkinan UTS secara online sejak pekan lalu. Para dosen sudah diminta untuk membuat soal ujian cadangan apabila UTS terpaksa dilaksanakan secara daring. Sistem pengumpulan UTS pun tak jauh beda dengan pengumpulan tugas pada umumnya.

"Sebenarnya UTS dan perkuliahan secara online bukan hal baru di UMN, karena sudah sering digunakan dalam kuliah yang menggunakan e-learning untuk mengumpulkan tugas, yang berbeda adalah skalanya yang lebih besar," ujarnya.

Berikut bunyi SK Rektor lengkap tersebut:

KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS MULTIMEDIA NUSANTARA

No.075/SK-R/III/2020 tentang PELAKSANAAN UJIAN TENGAH SEMESTER DAN PERKULIAHAN SEMESTER GENAP 2019/2020

Sehubungan dengan makin menyebarnya virus Corona dan telah ditetapkannya virus Corona sebagai pandemik oleh WHO, maka untuk meminimalkan interaksi dan mencegah terjadinya penyebaran di lingkungan kampus IJMN, dengan ini IJMN memutuskan:

Melaksanakan ujian Tengah Semester secara online sehingga mahasiswa tidak perlu datang ke kampus.

Melaksanakan kuliah secara online mulai 30 Maret 2020. Untuk mata kuliah yang tidak memungkinkan untuk dilakukan secara online akan diatur sendiri pelaksanaannya.

Mengenai mekanisme pelaksanaannya, mahasiswa harus memantau e-mail LIMN dan kanal informasi Iainnya.

Secara individu, mahasiswa dihimbau:

Menghindari kegiatan yang melibatkan jumlah orang banyak bila tidak ada kepentingan mendesak.

Memantau kondisi kesehatan masing-masing dan bila terdapat gejala-gejala demarn, flu, atau gangguan pernapasan, harap segera melakukan pemeriksaan ke rumah sakit.

Menjaga kesehatan dengan konsumsi makanan yang bersih dan bergizi serta rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan hingga dikeluarkan keputusan Iain.

Tangerang, 12 Maret 2020


Dr. Ninok Leksono, MA

Rektor

Pemerintah Tetapkan Penyebaran Virus Corona Jadi Bencana Non-Alam:

[Gambas:Video 20detik]



(prf/ega)