Menhub Budi Karya Pasien Positif Corona Kasus 76

Andhika Prasetia - detikNews
Sabtu, 14 Mar 2020 21:04 WIB
Menhub Budi Karya.
Menhub Budi Karya (Wildan/detikcom)
Jakarta -

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dinyatakan positif terinfeksi virus Corona (COVID-19). Menhub tercatat sebagai pasien positif Corona kasus ke-76.

"Saya sampaikan pasien nomor 76 salah satu pejabat di kementerian," kata Wakil Kepala RSPAD Gatot Soebroto, Albertus Budi Sulistya, di gedung Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, Sabtu (14/3/2020).

Albertus mengatakan hasil laboratorium pemeriksaan Budi Karya menyatakan positif COVID-19. Saat ini Budi Karya sedang dirawat di RSPAD Gatot Soebroto.

"Seizin pimpinan, keluarga dari pasien nomor 76 yang sudah disampaikan jubir pemerintah untuk COVID-19, benar pada saat ini pasien--kalau nggak salah--nomor 76 sedang dirawat di RSPAD Gatot Soebroto dan juga dari hasil lab confirmed untuk COVID-19," ujarnya.

"Atas izin keluarga, kami sudah memberikan inform concern. Sesungguhnya yang ideal menyampaikan adalah keluarga, namun karena beliau mendelegasikan pada Mensesneg dan pada saya," kata dia.

Sebelumnya, Budi Karya dikabarkan mengalami sakit tifus. Budi mengalami tifus setelah melakukan rangkaian kunjungan kerja.

Adita Irawati, juru bicara Menhub, mengkonfirmasi Budi mengalami tifus berdasarkan hasil lab. Adita memastikan Budi tetap melaksanakan tugas sebagai menteri dari rumah.

Budi diketahui berada di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jabar, pada Minggu (1/3). BIJB merupakan tempat evakuasi 69 WNI anak buah kapal (ABK) Diamond Princess.

(idn/jbr)