RSUP Prof Kandou Malalayang Rawat 1 Pasien Positif Corona

Angel Rawis - detikNews
Sabtu, 14 Mar 2020 18:08 WIB
Ilustrasi virus Corona
Foto: Dok National Institute of Allergy and Infectious Diseases
Jakarta -

RSUP Prof Kandou Malalayang, Manado, Sulawesi Utara (Sulut), merawat satu pasien positif terjangkit virus Corona COVID-19. Pasien adalah seorang pria berusia 51 tahun.

"Pasien tersebut dinyatakan positif COVID-19, Rumah Sakit Kandou siap, dan sudah melakukan langkah sesuai dengan protap yang ada," jelas Dirut RSUP Prof Kandou Malalayang, Dr dr Jimmy Panelewen, Sabtu (14/3/2020).

Pasien itu kabarnya memiliki riwayat perjalanan umroh. Jimmy menerangkan, pada 9 Maret 2020, pasien itu dirujuk ke tempatnya dari salah satu rumah sakit di Manado.

"Tetap jangan panik dan waspada. Saya juga telah mengumpulkan staf untuk menyampaikan ini karena, bagaimanapun, walaupun orang sehat, pasti ada kekhawatiran," ujar Jimmy.

"Tapi upaya kami untuk menguatkan masyarakat, tidak perlu jadi rusuh atau tidak tenang. Tetap prinsip kesehatan kita kerjakan. Kondisi tubuh tetap kita pertahankan agar ada di kondisi yang terbaik," sambung dia.


Jimmy mengatakan kondisi kesehatan pasien baik. Namun pasien itu mengidap sakit lain yang berisiko tinggi.

"Pasien kondisinya baik, kemudian dia juga ada beberapa penyakit, seperti ginjal dan gula. Itu juga yang memang risiko tinggi," ucap Jimmy.

(aud/aud)