Sebaran Corona Kian Masif, Komisi X Desak Pemerintah Liburkan Sekolah

Farih Maulana Sidik - detikNews
Sabtu, 14 Mar 2020 03:56 WIB
Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda.
Foto: Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda. (Azizah-detikcom)
Jakarta -

Sebaran virus corona (Covid-19) di tanah air kian mengkhawatirkan. Komisi X DPR mendesak pemerintah untuk segera meliburkan seluruh aktivitas belajar mengajar di sekolah maupun kampus-kampus seluruh Indonesia.

Hingga Jumat sore (13/3), pukul 18.00 WIB jumlah positif corona di Indonesia mencapai 69 orang. Dua di antaranya masih berusia di bawah lima tahun (balita). Sedangkan korban meninggal akibat virus mematikan tersebut sudah empat orang.

"Kami menilai kondisi ini sudah mengkhawatirkan. Eskalasi penyebaran Covid-19 kian massif dari hari ke hari. Agar tidak terjadi kondisi seperti di Italia, Iran, dan Korea Selatan, kami mendesak agar semua aktivitas sekolah diliburkan untuk sementara waktu hingga situasi penyebaran virus meredah," ujar Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda kepada wartawan, di Jakarta, Jumat (13/3/2020).

Huda menjelaskan pola penyebaran Covid-19 di tanah air semakin random. Dia mencontohkan ada beberapa kasus positif corona dimana tidak diketahui mereka terjangkit dimana dan oleh siapa. Apalagi, kata dia, ada informasi jika ada pasien positif corona yang melarikan diri dari proses isolasi.

"Kami sangat khawatir dengan pola persebaran yang tidak teridentifikasi ini. Jika wabah ini sampai ke pusat-pusat kegiatan belajar mengajar maka dampaknya akan sangat fatal," katanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2