Edhy Prabowo Minta Jajaran KKP Kompak Besarkan Sektor Budidaya

Nurcholis Maarif - detikNews
Jumat, 13 Mar 2020 21:29 WIB
Menteri KKP Edhy Prabowo
Foto: dok KKP
Jakarta -

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo meminta jajarannya untuk bersinergi menyukseskan program-program Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang bermuara pada perintah Presiden Jokowi di bidang budidaya dan membangun komunikasi dengan stakeholder kelautan dan perikanan.

"Saya ingin memastikan tugas saya yang diamanatkan pak Presiden bisa dipahami secara menyeluruh. Saya ingin membangun komunikasi yang dewasa. Sinergi antara sesama eselon 1, eselon 2, dan seterusnya," kata Edhy dalam keterangan tertulis, Jumat (13/3/2020).

Hal itu Edhy sampaikan dalam Rapat Pimpinan (Rapim) KKP di Bandung pada 12-13 Maret 2020 yang membahas tentang Pemantapan Koordinasi dan Percepatan Program Kegiatan 2020-2024. Rapim ini digelar untuk mengintegrasikan kegiatan antara eselon I sehingga percepatan dan efektivitas program kegiatan dapat berjalan lebih cepat.

Edhy menerangkan dalam melaksanakan tugas dari presiden yaitu membangun komunikasi dengan nelayan dan stakeholder, komunikasi yang baik di internal juga penting. Karena itu, ia membuka ruang seluas-luasnya kepada jajarannya untuk memberikan masukan.

"Tujuannya satu, agar kebijakan ke depannya bisa dilalui bersama dan nama baik lembaga bisa kita jaga," tegasnya.

Edhy selanjutnya meminta jajarannya serius mengembangkan sektor budidaya, sesuai amanat Presiden Jokowi. Meski terlihat sederhana, namun bidang akuakultur ini perlu didukung oleh semua eselon 1.

"Saya minta kita satu kesatuan. Kita sama. Ini akuakultur saya harapan menjadi prioritas," ujarnya.

Edhy juga berpesan mempercepat realisasi serapan anggaran dan meningkatkan beragam potensi pendapatan negara dari setiap program di masing-masing direktorat jenderal (ditjen). Ia juga menekankan pentingnya sinergi dan bahu membahu dari setiap ditjen dalam mendukung optimalisasi budidaya perikanan dan membangun komunikasi yang harmonis dengan nelayan dan stakeholder.

"Tetap semangat. Tolong semangat tim dijaga. Bangun kekompakan mulai eselon 1 dan seterusnya. Bangun kepercayaan antarlini. Jangan ada keraguan dalam memastikan langkah kita," pungkas Edhy.

Sementara itu dalam paparannya, masing-masing ditjen mempresentasikan program-program yang dijalankan, anggaran, serta capaian kinerja selama empat bulan terakhir.

Seperti ditjen budidaya yang memaparkan tentang rencana penggunaan anggaran tambahan 2020, progres pelaksanaan kegiatan prioritas/bantuan pemerintah tahun 2020, dan roadmap klaster kawasan budidaya udang 2020-2024.

Lalu Ditjen Perikanan Tangkap mempresentasikan tentang realisasi kinerja 2020, kesiapan pelaksanaan bantuan pemerintah 2020, dan kampung nelayan maju, BBM nelayan, dan Pelabuhan Perikanan 2020-2024.

(ega/ega)