Cerita Perawat Dengarkan Curhatan Pasien Corona di RS Persahabatan

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Jumat, 13 Mar 2020 21:27 WIB
perawat di RSUP Persahabatan, Wita Tamala,
Perawat di RSUP Persahabatan, Wita Tamala (Luqman/detikcom)
Jakarta -

Salah seorang perawat di RSUP Persahabatan, Wita Tamala, menceritakan kisahnya merawat pasien positif terinfeksi virus Corona (COVID-19). Wita mengatakan keluarga memaklumi pekerjaannya tersebut.

"Kalau keluarga sudah saya jelasin, saya ngerawat pasien dengan virus Corona. Dari keluarga sih nggak apa-apa, yang penting jaga kesehatan, terus makan yang bergizi, terus minum vitamin, banyak minum air putih," kata Wita di RSUP Persahabatan, Jakarta Timur, Jumat (13/3/2020).

Selama merawat, Wita dibekali peralatan lengkap. Ia diharuskan memakai alat pelindung diri, masker, dan sepatu bot. Saat bertemu pasien, perawat juga harus memperkenalkan diri dan menyapa.

"Sebelum itu kita harus memakai APD dulu sesuai prosedur. Kita pakai dari masker dulu, terus kacamata, habis itu kita pakai jubah, kaus kaki, pakai sepatu bot. Nah baru kita ke pasien," terang Wita.

"Ke ruangan pasien itu kita juga harus menyapa dan memperkenalkan diri. Sebelum memegang pasien, kita juga harus cuci tangan dulu," jelasnya lebih lanjut.