Deputi BIN Ungkap Permodelan: Puncak Corona Diperkirakan di Bulan Puasa

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Jumat, 13 Mar 2020 19:11 WIB
ilustrasi corona
Foto: ilustrasi corona

Namun, menurut Afini, ada sejumlah langkah antisipatif yang bisa dilakukan. Hal itu bertujuan agar sebaran pasien yang terinfeksi virus Corona tidak semakin luas.

"Tapi kalau langkah-langkah maksimal bisa tidak mencapai itu, dan grafiknya tidak terlalu tinggi. Tentu kami berharap dengan model ini bisa membuat langkah-langkah antisipatif," ujarnya.

Penanganan wabah virus Corona, menurut Afini, bisa dilakukan dengan pembatasan wilayah dan upaya mitigasi. Hal itu dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona semakin luas.

"Pertama, containment. Kita membatasi suatu wilayah. Dilakukan isolasi atau bisa bersifat self isolation. Lalu ada contact tracing, kemudian restriksi perjalanan, kita pantau. Kalau seandainya infeksi sudah menurun, baru kita lakukan mitigasi. Mitigasi, sehingga terjadi penurunan," jelas Afini.

"Combine approach yang harus kita lakukan antara containment dan mitigasi. Containment dilakukan ketika yang terinfeksi masih sedikit. Kalau sudah diatasi, baru kita lakukan mitigasi," lanjutnya.


(azr/gbr)