Gerindra soal Lockdown Cegah Corona: Otoritas Kesehatan yang Bisa Nilai

Mochamad Zhacky - detikNews
Jumat, 13 Mar 2020 18:35 WIB
Sufmi Dasco Ahmad
Sufmi Dasco (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Wakil Ketua DPR RI dari Fraksi Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menegaskan keputusan mengunci (lockdown) atau tidak daerah yang diduga menjadi pusat penularan virus Corona (COVID-19) berada di tangan pemerintah. Dasco berharap penyebaran virus Corona bisa dicegah sehingga pemerintah tak perlu memberlakukan kebijakan lockdown.

"Sementara kita antisipasi dengan pencegahan dan monitoring dengan ketat. Mudah-mudahan dapat terisolir sehingga saat ini belum diperlukan lockdown," kata Dasco kepada wartawan, Jumat (13/3/2020).

Dasco meminta pemerintah memaksimalkan upaya pencegahan penyebaran virus Corona. Waketum Gerindra itu juga mengimbau semua pihak supaya membantu pencegahan penyebaran virus yang awalnya muncul di Kota Wuhan, China, itu.

"Langkah-langkah pemerintah dimaksimalkan dan semua pihak ikut membantu me-monitoring, mencegah, dan bekerja sama dengan baik," ucap Dasco.

"Nanti kita lihat perkembangannya. Nanti otoritas kesehatan yang menilai apakah perlu lockdown atau tidak, bukan kita," imbuhnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) merespons wacana me-lockdown daerah-daerah yang diduga menjadi pusat penularan virus Corona. Namun Jokowi mengatakan RI belum berpikir untuk lockdown.

"Belum berpikir ke arah sana," kata Jokowi dalam konferensi pers di Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (13/3).

Tonton juga Jokowi Belum Kepikiran Soal Lockdown Karena Corona :

[Gambas:Video 20detik]



(zak/zap)