Jokowi Perintahkan Tes Corona Bisa Dilakukan hingga Unair Surabaya

Andhika Prasetia - detikNews
Jumat, 13 Mar 2020 16:09 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka musyawarah nasional IX Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) di Istana Negara, Jakarta, Kamis (12/3/2020). Jokowi cerita minum jamu 3 kali sehari karena ada wabah virus Corona.
Presiden Jokowi (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Selama ini, tes virus Corona dilakukan di Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan. Kini Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan tes pemeriksaan virus Corona bisa dilakukan di luar lingkungan Kementerian Kesehatan.

"Ini mengenai pengecekan, tadi saya sudah perintahkan kepada Menkes agar lab di luar Balitbankes bisa juga melakukan," kata Jokowi di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Jumat (13/3/2020).

Jokowi menggelar jumpa pers didampingi Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Dia mengatakan Terawan akan mengurus secara teknis pelaksanaan tes-tes di luar lingkungan Kemenkes.

Jokowi menyatakan Universitas Airlangga di Surabaya bisa melakukan tes COVID-19. Lembaga Biologi Molekuler Eijkman yang bernaung di bawah Kementerian Riset dan Teknologi.

"Kelihatannya mungkin Airlangga di Surabaya dan Eijkman," kata Jokowi.

Jokowi juga mengatakan pemerintah sudah menambah 10 ribu paket uji (test kit). Semua test kit itu siap diberikan ke pihak Kemenkes agar bisa segera digunakan.

"Kita memiliki banyak, sekarang sudah kita tambah lagi 10 ribu, hanya belum diberikan ke Kemenkes. Ini masalah serah-terima saja," kata Jokowi.

Simak Juga Video "Jokowi: Pemerintah Tangani Corona Secara Senyap, tapi Serius"

[Gambas:Video 20detik]

(dnu/knv)