Pimpin Aksi dari Atas Mobil Komando, Ketum FPI Serukan Usir Dubes India

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Jumat, 13 Mar 2020 15:46 WIB
Demo di Depan Kedubes India, Massa FPI-PA 212 Bawa Spanduk
Foto: (Tiara Aliya Azzahra)

"Usir...!" sambut massa.

Aksi ini diikuti oleh massa gabungan dari Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF), Front Pembela Islam (FPI) dan Persaudaraan Alumni 212. Aksi ini merupakan bentuk solidaritas umat muslim terhadap muslim di India yang mengalami kekerasan.

"Saudara sekalian, ini hari ini kita datang lagi di tempat ini sebagai protes kalau cara-cara orang ekstremis, orang-orang picik, orang-orang radikal mereka melakukan tindak terorisme. Tindak radikalisme diIindia atas nama agama, atas nama negara, mereka bisa membantai umat Islam," kata Sobri.

Sobri menilai, pemerintah India tidak melakukan upaya untuk menghentikan kekerasan terhadap umat muslim di India. "Kita masih nerima berita pembantaian, pengusiran, pengrusakan masjid dan pelecehan terhadap umat Islam di India masih berjalan. Lagi-lagi kita tidak terima perlakukan seperti itu," katanya.

Sobri lalu menyinggung masalah keberagaman agama yang ada di Indonesia. Sebagai negara dengan mayoritas penduduk beragama muslim, Sobri menyebut bahwa umat beragama lain hidup aman di Indonesia.

"Di Indonesia mayoritas umat islam, orang hindu? (hidup) aman, kristen aman? Budha aman? Aman," katanya.

Hingga sore ini massa masih melakukan unjuk rasa di lokasi. Sementara lalu lintas di Jalan Rasuna Said telah dialihkan.


(mei/mea)