Dinkes: 8 Orang Pasien Dalam Pengawasan di NTB Negatif Corona

Faruk - detikNews
Jumat, 13 Mar 2020 15:28 WIB
Ilustrasi virus Corona
Foto: ilustrasi virus corona Dok. NIAID (National Institute of Allergy and Infectious Diseases
Mataram -

Dinas Kesehatan (Dinkes) Nusa Tenggara Barat (NTB) menyebut pihaknya telah memulangkan 8 orang pasien dalam pengawasan (PDP) di rumah sakit rujukan di NTB. Dinkes NTB memastikan 8 PDP ini negatif virus corona.

"8 orang pasca isolasi dengan hasil negatif dari laboratorium Balitbangkes RI dan 1 orang masih dalam pengawasan," kata Kepala Dinas Kesehatan Nusa Tenggara Barat, Nurhandini Eka Dewi, saat dihubungi detikcom Jumat (13/3/2020).

"Sampai hari ini, tidak ada ditemukan orang yang positif COVID-19 di NTB," tambahnya.

Eka mengatakan saat ini Dinkes NTB sedang mengawasi 110 orang dalam pemantauan (ODP). Selain itu, ada juga 25 orang yang diobservasi oleh Pemda NTB karena mereka baru pulang dari luar negeri.

"(Mereka) bukan suspect corona, tetapi orang berisiko karena pulang dari negara terdampak corona. Mereka sehat, tetapi sesuai protap selama masa inkubasi corona, diminta membatasi kegiatan untuk keamanan semua pihak," jelasnya.

Dia menjelaskan 25 orang itu dikarantina di sebaran wilayah, yaitu Kota Mataram 12 orang, Sumbawa Barat 1 orang, Lombok Barat 1 orang, Lombok Tengah dan Lombok Timur masing-masing satu orang, sementara di Kota Bima ada 2 orang dan Kabupaten Dompu terdapat 1 orang.

(zap/zap)