Virus Corona Pandemik, Menkes Terawan Tak Mau Kebobolan DBD

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Jumat, 13 Mar 2020 13:23 WIB
Menkes Terawan Agus Putranto (Andhika Prasetia/detikcom)
Foto: Menkes Terawan Agus Putranto (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Pandemi virus Corona di Indonesia telah memakan korban jiwa. Menteri Kesehatan RI (Menkes) Terawan Agus Putranto mengimbau masyarakat tidak melupakan penyakit lain, salah satunya DBD.

"Karena demam berdarah ini sangat mematikan, seratus lebih yang meninggal seluruh Indonesia. Kita berharap semua media ikut membantu dalam pemberantasan sarang nyamuk," kata Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto di Masjid Istiqlal, Jakpus, Jum'at (13/3/2020).

Penyakit DBD bukanlah hal baru di Indonesia. Mulai dari balita hingga dewasa berpotensi terjangkit DBD. Terawan pun berkomitmen untuk menyelesaikan kasus ini sebelum menyelesaikan pandemi Corona.

"Ini menyangkut anak-anak kita, balita sampai dewasa otomatis kita sama-sama berjuang supaya wabah DBD ini juga bisa selesai, kemudian kita konsentrasi lagi ke masalah pandemi Corona," Ujarnya.

Kemenkes mengaku telah berupaya menangani penyebaran virus Corona seperti misalnya dengan mensterilkan tempat-tempat ibadah. Untuk itu, ia tidak akan membiarkan virus ini mengabaikan penanganan penyakit lainnya.

"Jadi menurut saya energi kita jangan habis di satu sisi sehingga kita akan kebobolan. Karena itu program preventif yang terus kita ajukan. Kayak kita tempat-tempat kumpul peribadatan seperti ini kita akan lakukan disinfektan maupun juga sterilisasi supaya beribadah lebih nyaman," jelasnya.

Simak Juga Video "Status Corona Jadi Pandemi, Bagaimana Imbas ke E-commerce?"

[Gambas:Video 20detik]

(gbr/gbr)