2 Pasien Suspect Corona di RSU Zainal Abidin Aceh Punya Riwayat ke LN

Agus Setyadi - detikNews
Jumat, 13 Mar 2020 12:46 WIB
Plt Gubernur Aceh saat melihat dua pasien di RICU lewat monitor.
Plt Gubernur Aceh saat melihat dua pasien di RICU lewat monitor. (Foto: dok Humas Pemprov Aceh)
Banda Aceh -

Rumah Sakit Umum Zainal Abidin (RSUZA) Banda Aceh merawat dua pasien suspect Corona. Keduanya punya riwayat berkunjung ke luar negeri.

"Iya (keduanya) ada riwayat ke luar negeri," kata Kepala Dinas Kesehatan Aceh dr Hanif saat dikonfirmasi detikcom, Jumat (13/3/2020).

Satu pasien yang diisolasi di ruang Respiratory Intensive Care Unit (RICU) pulang dari Arab Saudi. Sedangkan satu pasien lagi punya riwayat ke Thailand.

"Usianya 30 tahun dan 50 tahun," jelas Hanif.

Seperti diketahui, dua pasien diisolasi di ruang RICU RSUZA Banda Aceh. Pihak rumah sakit masih menunggu hasil swab tenggorokan kedua pasien yang dikirim ke Litbangkes Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Iya kita merawat 10 orang sejak beberapa waktu lalu, delapan negatif dan sehat. Sisa dua orang menunggu hasil swab dari litbangkes," kata Direktur RSUZA Banda Aceh dr Azharuddin saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (12/3).

Menurut Azharuddin, hasil swab tersebut akan keluar sekitar dua hingga empat hari lagi. Kondisi kedua pasien suspek Corona tersebut saat ini dalam keadaan sehat. Keduanya warga Aceh.

"Kita periksa apakah itu positif atau negatif. Sebelum ada hasil swab yang kita kirim ke Balitbang, kita merawat pasien ini sebagai suspect, setelah ada hasil baru kita nyatakan positif atau tidak," jelas Azharuddin.

Cegah Corona, Trump Larang Turis dari Eropa Masuk AS:

[Gambas:Video 20detik]



(agse/idn)