Observasi Rampung: WNI ABK World Dream Pulang Besok, Diamond Princess Lusa

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 13 Mar 2020 12:17 WIB
Pangobwilhan I Laksamana Madya Yudo Margono di Pulau Kelapa. (Foto: Yogi/detikcom)
Foto: Pangobwilhan I Laksamana Madya Yudo Margono di Pulau Kelapa. (Foto: Yogi/detikcom)
Jakarta -

Masa observasi yang harus dijalankan oleh 188 WNI ABK World Dream dan 68 WNI ABK Diamond Princess segera usai. Akhir pekan ini, seluruh ABK dari dua kapal tersebut akan dipulangkan dari Pulau Sebaru.

"Saudara kita dari ABK World Dream dan Diamond Princess yang insyaallah besok akan kita kembalikan kepada masyarakat, kepada keluarganya," kata Pangobwilhan I Laksamana Madya Yudo Margono di Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu, Jumat (13/3/2020).

188 WNI ABK World Dream akan dipulangkan besok. Sementara, 68 WNI ABK Diamond Princess akan dipulangkan pada Minggu, 15 Maret 2020.

"Dan pada hari Minggu nanti yang 68 (ABK Diamond Princess) juga akan kita bawa ke Jakarta kita serahkan ke pemerintah daerah dan keluarganya. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa berjalan dengan baik dan lancar dan semua saudara-saudara kita tersebut tetap dalam keadaan sehat," ujarnya.

Yudo mengatakan mekanisme pemulangan WNI dari Pulau Sebaru tidak berbeda dengan apa yang telah dilakukan di Pulau Natuna. Dia mengatakan besok pagi, aparatnya akan menjemput 188 WNI ABK World Dream di Pulau Sebaru dengan menggunakan kapal landing craft utility (LCU).

"Kemudian kita ambil pakai KRI Semarang lalu kita bawa ke Jakarta. Di Korilanmil akan kita serahkan. Saya selaku penanggung jawab akan kita serahkan ke Menko PMK," tuturnya.

Lebih lanjut, Yudo mengatakan para WNI yang telah menjalani masa observasi di Pulau Sebaru juga akan mendapatkan surat keterangan sehat dari Menteri Kesehatan (Menkes) sebelum akhirnya diserahkan kepada pemerintah daerah masing-masing.

"Untuk (pemulangan) yang hari Minggu juga sama mekanismenya seperti itu," imbuhnya.

Simak video 1 ABK Diamond Princess di Pulau Sebaru Suspect Corona:

[Gambas:Video 20detik]



(mae/mae)