Round-Up

Pinta Wawan Tak Lagi Hadirkan Saksi Artis Demi Keluarga

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 13 Mar 2020 05:50 WIB
Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan tersangka kasus dugaan korupsi alat kesehatan (alkes) Banten dan Tangerang Selatan menjalani sidang perdana di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (31/10/2019). Wawan didakwa merugikan negara Rp 94,3 miliar terkait pengadaan alat kesehatan (alkes) Pemerintah Provinsi Banten dan Pemerintah Kota Tangerang Selatan. Perbuatan Wawan disebut memperkaya diri sendiri, orang lain dan korporasi.
Tubagus Chaeri Wardana, Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan mengucapkan permohonan di persidangan kasus suap yang menjerat dirinya. Wawan meminta agar jaksa KPK tidak lagi menghadirkan artis-artis sebagai saksi atas kasus korupsinya.

Permohonan awalnya disampaikan oleh salah seorang kuasa hukum Wawan. Permintaan itu disampaikan langsung pada hakim saat persidangan.

"Karena fakta-fakta sebelumnya ada saksi-saksi yang sudah cukup bisa menjelaskan tentang pemberian aset-aset, bahkan juga buktinya ada. Bahkan juga terdakwa akan menjelaskan seterang-terangnya tentang pemberian itu, jadi ada permintaan dari terdakwa diharapkan tidak dipanggil saksi-saksi yang seperti berikutnya seperti Rebecca, Chaterine, dan Irwansyah," kata kuasa hukum Wawan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Raya, Jakarta Pusat, Kamis (12/3).

Wawan lantas mengucapkan janji dan memohon ke hakim agar tidak menghadirkan saksi artis lagi. Untuk diketahui Kamis (12/3) jaksa KPK menghadirkan Jennifer Dunn sebagai saksi kasus Wawan. Wawan mengaku tidak enak hati dengan keluarganya dan juga keluarga para artis ini.

"Ya betul, saya berjanji yang mulia, dalam artian.. dan memang kan aset-aset juga sudah disita, jadi saya berjanji, ini sangat mempengaruhi keluarga, mereka kan juga sudah berkeluarga juga, kasihan yang mulia," ujar Wawan di persidangan.

Katua majelis hakim, Ni Made Sudani lalu merespons permintaan itu. Menurut hakim, hal itu harus diserahkan ke jaksa.

"Kalau soal itu sepenuhnya diberikan keleluasaan pada jaksa karena beliau yang punya kewajiban tersebut untuk membuktikan," ucap Sudani.

Selanjutnya
Halaman
1 2