Semua 9 WNI ABK Diamond Princess di Jepang Sembuh dari Corona

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Kamis, 12 Mar 2020 15:48 WIB
Kelompok terakhir penumpang kapal pesiar Diamond Princess telah diturunkan. Para penumpang yang masih tersisa di kapal pesiar itu masih akan jalani karantina.
Diamond Princess (Eugene Hoshiko/AP Photo)
Jakarta -

Juru bicara pemerintah terkait penanganan Corona, Achmad Yurianto, mengatakan 9 WNI ABK Diamond Princess yang dirawat di Jepang telah sembuh semuanya. Lima di antaranya sudah tiba di Indonesia.

"Sembilan awak Diamond Princess yang sempat positif dan dirawat di Jepang sudah sembuh, sebanyak 5 orang yang sampai di Tanah Air," kata Yuri di RSUP Persahabatan, Jakarta Timur, Kamis (12/3/2020).

Dari lima yang sudah dipulangkan, empat WNI lainnya segera menyusul terbang ke Indonesia. Kondisi keempatnya dikatakan sudah lepas perawatan.

"Dalam waktu singkat ini akan disusulkan lagi 4 orang. Sudah lepas perawatan, tapi masih nunggu ticketing yang ditangguh perusahaannya untuk menuju Jakarta," kata Yuri.

Dia berharap dalam dua atau tiga hari ke depan 9 WNI ABK Diamond Princess itu bisa segera tiba di Indonesia.

Seperti diketahui, 68 WNI ABK Diamond Princess telah dievakuasi ke Indonesia. Mereka kemudian menjalani observasi di Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu.

Sebanyak 9 orang ABK sempat dinyatakan positif Corona. Namun belakangan, sedikit demi sedikit, mereka sembuh hingga akhirnya 9 orang dinyatakan telah sembuh semua.

Simak video Di Balik Alasan Imigrasi Menolak 126 WNA Masuk Indonesia:

[Gambas:Video 20detik]

(idn/dnu)