Terawan Muncul di Konferensi Pers Pasien Corona Sembuh, Merasa Sangat Bahagia

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Kamis, 12 Mar 2020 15:31 WIB
Menkes Terawan dan Jubir Pemerintah untuk Virus Corona Achmad Yurianto di RSUP Persahabatan. (Foto: Luqman/detikcom)
Foto: Menkes Terawan dan Jubir Pemerintah untuk Virus Corona Achmad Yurianto di RSUP Persahabatan. (Foto: Luqman/detikcom)
Jakarta -

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto akhirnya kembali muncul. Terawan muncul dalam jumpa pers pengumuman kesembuhan 3 pasien positif virus Corona (COVID-19) dan juga kesembuhan 9 ABK Diamond Princess.

Jumpa pers itu digelar di RS Persahabatan, Jakarta Timur, Kamis (12/3/2020). Terawan menggelar jumpa pers bersama Juru Bicara Pemerintah untuk Urusan Virus Corona, Achmad Yurianto.

Dalam jumpa pers itu, Terawan mengatakan, sebagai Menkes dirinya harus mengecek secara langsung kesembuhan tiga pasien yang sebelumnya positif Corona. Dia pun mengaku bahagia dengan kepulihan tiga pasien tersebut.

"Selaku Menkes saya harus mengecek sendiri. Harus mengecek dengan detail. Setelah oke, saya cek semuanya," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Terawan pun menyampaikan bahwa teori tentang virus tersebut benar adanya. Bahwa COVID-19 merupakan penyakit self limiting disease.

"Sekarang tinggal jubir kabar yang membahagiakan ini. Dan saya merasa sangat berbahagia. Bahwa teorinya benar bahwa memang ini adalah self limiting disease yang akan sembuh sendiri. Penyakit yang akan sembuh sendiri," kata Terawan.

Usai menyampaikan hal itu, Terawan pun mempersilakan Yuri untuk menyampaikan kabar terkait kesembuhan 3 pasien tersebut. Tak hanya kesembuhan 3 pasien di dalam negeri, dalam konferensi pers ini, Yuri juga memaparkan kesembuhan total 9 WNI ABK Diamond Princess yang sempat dirawat karena dinyatakan positif Corona.

"9 Awak Diamond Princess yang sempat positif dan dirawat di Jepang sudah sembuh, sebanyak 5 orang yang sampai di Tanah Air," kata Yuri.

(mae/fjp)