Panlih Wagub DKI Tunggu SK Pengunduran Diri Riza Patria yang Diteken Jokowi

Dwi Andayani - detikNews
Kamis, 12 Mar 2020 13:36 WIB
Ketua DPP Gerindra Ahmad Riza Patria
Ahmad Riza Patria (Foto: detikcom)
Jakarta -

Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria telah melepas jabatannya sebagai anggota DPR RI. Kendati demikian, Panitia Pemilihan Wagub DKI belum menerima SK pengunduran diri Riza yang diteken Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Surat permohonan surat tanda tangan pimpin DPR untuk nonaktif sudah masuk, tapi terkait surat SK itu lagi proses karena yang tanda tangan harus presiden itu yang kita tunggu," Ketua Panlih Wagub DKI Jakarta, Farazandi Fidinansyah saat dihubungi, Kamis (12/3/2020).

Farazandi mengatakan, pihaknya dapat memahami lamanya proses penandatanganan. Namun, dia mengatakan, untuk saat ini surat permohonan pengunduran diri yang telah ditandatangani DPR menjadi pegangan panlih.

"Itu kan beda soalnya prosesnya, kita memahami itu. Tapi sudah ada jawaban dari keputusan, dari instansi terkait ditandatangani oleh Pimpinan DPR. Jadi untuk pegangan kita," ujarnya.

Diketahui, Riza Patria sudah resmi mengirimkan surat pengunduran diri ke DPR RI karena maju sebagai cawagub DKI Jakarta. Riza mengatakan dirinya hanya menaati aturan.

"Lho kan harus taat aturan. PNS, TNI, Polri, BUMN, BUMD, anggota Dewan DPR RI, provinsi, kabupaten/kota harus mundur apabila maju dalam pilkada maupun PAW (pergantian antar-waktu). Aturannya begitu," kata Riza di Hotel Diradja, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Rabu (11/3/2020).

Riza diketahui sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi V DPR RI. Riza kemudian mengajukan pengunduran diri ke DPR.

(dwia/mae)