Ketua Demokrat Medan Hadiri Pengumuman Cawalkot PKS, Kode Koalisi?

Ahmad Arfah Fansuri - detikNews
Kamis, 12 Mar 2020 13:12 WIB
Ketua DPC Partai Demokrat Medan, Burhanuddin Sitepu (Ahmad Arfah/detikcom)
Foto: Ketua DPC Partai Demokrat Medan, Burhanuddin Sitepu (Ahmad Arfah/detikcom)
Medan -

Ketua DPC Partai Demokrat Medan, Burhanuddin Sitepu, menghadiri pengumuman Calon Wali Kota (Cawalkot) Medan dari PKS. Apakah ini kode PKS-Demokrat berkoalisi di Pilwalkot Medan?

Burhanuddin sendiri mengaku hanya menghadiri undangan. Namun dia mengaku dekat dengan cawalkot yang diusung PKS, Salman Alfarisi.

"Saya hadir atas undangan atas undangan dari teman saya. Bahwa hari ini ada acara di PKS. Kalau namanya PKS-Demokrat itu, sebelum Pak Tifatul menyampaikan, sudah terasa buat kami. Udah dapat kami rasakan. Kalau Pak Salman ini, karena nggak bisa disatukan darah, kalau nggak saudara kandung ini," ujar Burhanuddin di kantor DPW PKS Sumut, Medan, Kamis (12/3/2020).

Burhanuddin juga menjelaskan sudah melakukan komunikasi dengan PKS terkait calon yang akan diusung di Pilkada Medan. Namun, hingga saat ini Demokrat belum memutuskan calon yang akan diusung.

"DPP Sudah mengisyaratkan kepada saya sebagai Ketua DPC. DPP menyarankan lakukan komunikasi politik ke partai lain. Nah, justru saya inisiasi pertemuan. Kami sudah ada berbicara ke depan bagusnya bagaimana Medan ini," jelas Burhanuddin.

Sebelumnya PKS, Demokrat dan PAN juga sudah membentuk Silaturahmi Poros Baru. Dari ketiga partai, baru PKS yang sudah mengusulkan nama bakal calon wali kota Medan, yakni Salman Alfarisi.

Selain kehadiran Burhanuddin di kantor PKS, rencananya Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan bertemu dengan Presiden PKS Sohibul Iman. Pertemuan dalam rangka silaturahmi kebangsaan.

"Iya, betul nanti malam Pak SBY dan Pak Sohibul bertemu," kata Kadiv Advokasi dan Bantuan Hukum DPP PD Ferdinand Hutahahean kepada wartawan, Kamis (12/3).

(haf/jbr)