Kemenkes Imbau Pasien Sembuh Corona Jalani Self-Isolated Tetap Jaga Jarak

Eva Safitri - detikNews
Kamis, 12 Mar 2020 05:36 WIB
Sesditjen P2P Kemenkes Achmad Yurianto
Juru Bicara Pemerintah terkait COVID-19 Achmad Yurianto (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Pasien yang sembuh dari corona akan akan dipulangkan untuk kemudian menjalani isolasi mandiri atau self isolated. Juru Bicara Pemerintah terkait COVID-19 Achmad Yurianto menjelaskan isolasi mandiri itu tetap dilakukan di rumah masing-masing seperti biasa bersama keluarganya.

"Self isolated itu, dia ada di rumah bersama keluarga," kata Yuri, ketika dihubungi, Rabu (11/3/2020) malam.

Yuri mengatakan pasien yang telah sembuh tersebut bisa tetap tinggal bersama keluarganya dalam satu rumah. Meski demikian, Yuri mengimbau pasien tersebut menjaga jarak dengan keluarga. Disarankan agar pasien ini memakai barang masing-masing dan tidak tercampur dengan anggota keluarga lain.

"Tapi dia tetap pakai masker, kemudian dia menjaga jangan sampai ada kontak dekat dengan keluarga, paling nggak lebih dari 2 meter lah, terus dia tidak boleh menggunakan alat makan dan minum bersama, kemudian setelah dia selesai makan, maka alat makannya segera dicuci, jangan dibiarkan begitu saja dan kalau bisa tidurnya sendiri," ujarnya.

Yuri mengatakan kondisi pasien yang telah sembuh itu tidak lantas dibiarkan begitu saja. Dia menyebut, setelah keluar dari rumah sakit, akan diberikan surat rujukan untuk memeriksa kesehatan di puskesmas terdekat.

"Begitu pulang kan dia dibawa surat rujuk balik dari rumah sakit ke puskesmas terdekat, kemudian nanti secara periode puskesmas akan mendata, dan kemudian kan dia masih menyimpan nomor WhatsApp dokter yang merawat jadi kalau ada apa-apa dia bisa mengkoordinasikan," ucapnya.

Dua pasien telah dinyatakan negatif virus Corona (COVID-19) melalui dua kali pemeriksaan. Pasien dengan kode 06 dan 14 itu pun diperbolehkan pulang tetapi dengan syarat menjalani isolasi mandiri atau self-isolated.

"Sekarang kita sedang mengedukasi mereka untuk persiapan pulang dengan melaksanakan self-isolated," kata Achmad Yurianto dalam konferensi pers di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (11/3).

Simak video Positif Corona Gejala Ringan-Sedang, Kenali Tandanya:

[Gambas:Video 20detik]



(eva/gbr)