Polda Sumbar: Terduga Teroris di Payakumbuh Jaringan JAD Pekanbaru

Jeka Kampai - detikNews
Rabu, 11 Mar 2020 20:27 WIB
Densus 88 Geledah Rumah Warga Singosari Malang
Ilustrasi Densus 88 Antiteror (Muhammad Aminudin/detikcom)
Padang -

Tim Densus 88 Antiteror Polri menangkap seorang terduga teroris di Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar). Polisi menyatakan terduga teroris berinisial DP alias AU itu merupakan bagian dari jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Pekanbaru.

"JAD Pekanbaru," kata Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Stefanus Satake Bayu kepada detikcom, Rabu (11/3/2020).

Satake belum bisa merinci peran DP dalam jaringan tersebut, termasuk barang bukti yang diamankan dari lokasi penangkapan.

Petugas masih melakukan pemeriksaan di lokasi penangkapan. Sedangkan DP sudah dibawa Tim Densus 88 ke Pekanbaru untuk pengembangan lebih lanjut.

"Dibawa ke Pekanbaru," jelas Satake.

Penangkapan DP berlangsung sekitar pukul 14.30 WIB di Kelurahan Tanjung Gadang Sungai Pinago, Payakumbuh Barat. Sebagai informasi, terduga teroris ditangkap tak jauh dari gedung DPRD Kota Payakumbuh. DP sendiri diketahui tinggal di Kelurahan Bulakan Balai Kandi, tak jauh dari lokasi penangkapan.



Lurah Bulakan Balai Kandi Indra mengatakan tersangka baru sekitar 6 bulan tinggal di daerah itu dan bekerja sebagai tukang servis AC.

"Tadi saya dipanggil RT, karena untuk penggeledahan harus disaksikan lurah, maka saya datang," kata Indra kepada wartawan.

(jbr/jbr)