Gojek Ajak Mitra Driver Lawan Kekerasan Seksual dengan Cara Ini

Inkana Putri - detikNews
Rabu, 11 Mar 2020 19:06 WIB
Gojek
Foto: Inkana Putri
Jakarta -

Memperingati Hari Perempuan Internasional, Gojek meluncurkan inisiatif #AmanBersamaGojek untuk mencegah kekerasan seksual pada perempuan. Gojek pun memberikan pelatihan pengamanan kepada para mitra driver dengan menggandeng Hollaback, sebuah lembaga swadaya masyarakat di bidang kesetaraan gender.

VP Transport Marketing Gojek mengatakan pelatihan ini penting mengingat masih banyak masyarakat yang tidak menyadari adanya pelecehan seksual akibat ketidaktahuan.

"Banyak orang yang sudah aware tapi gak tahu caranya, dan kita make sure memberikan langkah-langkah yang praktis yang mudah dicerna dan dimengerti supaya bisa memberikan bantuan yang efektif tanpa memperburuk situasi untuk korban" ujarnya pada di Restoran KAUM, Jakarta, Rabu (11/3/2020).

Dalam pelatihannya, mitra Gojek diedukasi untuk mengenali jenis kekerasan seksual di tempat umum. Gojek memperkenalkan jenis kekerasan seksual dan cara menanggapinya melalui SIUL dan BANTU.

"Prioritas kita selalu pada pencegahan dan tidak mungkin bisa ada pencegahan tanpa adanya edukasi yang benar. Basically, di dalam training ini kita juga pengen memberikan edukasi yang benar-benar lengkap dari mulai tahu yang dimaksud sexual harassment itu apa aja" jelasn Monita.

SIUL merupakan singkatan dari jenis-jenis perilaku yang termasuk dalam kekerasan sexual, seperti Sharing konten pornografi, Intimidasi, Ucapkan komentar atas tubuh, dan Lakukan kontak fisik yang tidak diinginkan.

Sedangkan, BANTU diperkenalkan oleh Gojek sebagai langkah intervensi yang bisa dilakukan saat melihat kekerasan seksual. Langkah ini terdiri dari Berani tegur, Alihkan perhatian pelaku, Ngajak orang lain untuk membantu, Tunggu situasi usai, dan Upayakan merekam tindakan.

Nilawati, salah satu Komunitas Srikandi Gojek, mengaku mendapatkan banyak manfaat dari pelatihan ini. "Dulu saya nggak ngerti kalau hal yang saya anggap candaan yang tadinya biasa saja dan lumrah ternyata masuk dalam ranah pelecehan seksual saat saya merasa tidak nyaman ketika digoda," ungkapnya.

Ia juga menambahkan, saat ini dirinya juga telah berani menegur dan protes jika ada mitra laki-laki yang melakukan pelecehan terhadap dirinya atau customer wanita Gojek. Harapannya Gojek dapat mengedukasi tidak hanya mitra perempuan tetapi juga mitra laki-laki agar semakin banyak perempuan yang terlindungi.

Tonton juga Gojek Siap Bantu Penggunanya Biar Nggak Ada yang Kena Tipu Lagi :

[Gambas:Video 20detik]



(mul/mpr)