Polusi Makin Parah, Ombudsman Minta DLH Cilegon Evaluasi Izin Pabrik

M Iqbal - detikNews
Rabu, 11 Mar 2020 16:53 WIB
Kepala Ombudsman RI Perwakilan Banten, Dedy Irsan (M Iqbal/detikcom)
Foto: Kepala Ombudsman RI Perwakilan Banten, Dedy Irsan (M Iqbal/detikcom)
Cilegon -

Ombudsman RI Perwakilan Banten meminta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mengevaluasi terkait izin lingkungan pabrik di Cilegon. Hal itu diminta setelah aktor Leonardo DiCaprio menyoroti soal polusi udara dengan memposting foto berlatar belakang PLTU Suralaya, Cilegon.

"Ombudsman RI Perwakilan Banten minta kepada Dinas Lingkungan Hidup Kota Cilegon untuk melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap izin-izin terkait lingkungan yang dimiliki oleh pabrik-pabrik di Kota Cilegon," kata Kepala Ombudsman RI Perwakilan Banten, Dedy Irsan kepada wartawan, Rabu (11/3/2020).

Dedy mengatakan, evaluasi itu mengarah pada apakah pabrik-pabrik yang beroperasi di Cilegon masih menjalankan fungsi lingkungan hidup dan pengelolaan limbah sesuai ambang batas yang diberlakukan.

"Apakah mereka beroperasi masih sesuai dengan aturan yang berlaku dan masih sesuai dengan ambang batas lingkungan yang dampaknya tidak membahayakan masyarakat," ujarnya.

Pemerintah diminta proaktif mengawasi kualitas lingkungan di Cilegon. Kualitas udara di Cilegon yang kian tahun semakin menurun, lanjutnya, jangan sampai menghilangkan hak masyarakat untuk menghirup udara sehat.

"Pemerintah Kota Cilegon harus proaktif mengontrol dan mengawasi secara serius persoalan ini, sehingga memastikan masyarakat khususnya di Kota Cilegon dapat tetap menghirup udara yang bersih dan sehat," kata dia.

Dedy mengungkapkan, investasi yang masuk di Cilegon harus berbanding lurus dengan tidak adanya perusahaan yang mempermainkan mutu lingkungan hidup. Di satu sisi, kata dia pabrik-pabrik itu berdiri dapat menyerap tenaga kerja. Namun di sisi lain persoalan sosial masyarakat juga tak boleh dinafikkan.

Selanjutnya
Halaman
1 2