Tiang Pagar Tol Palembang Dicuri Jelang Peresmian, Kerugian Rp 100 Juta

Raja Adil Siregar - detikNews
Rabu, 11 Mar 2020 11:09 WIB
Tol Kayuagung-Palembang
Foto: Tol Kayu Agung-Palembang. (Rachman Haryanto-detikcom)
Palembang -

Tiang pagar Tol Palembang-Kayu Agung di Sumatera Selatan hilang dicuri jelang peresmian. Kontrakror pun membeberkan kerugian dan dampaknya.

"Secara konstruksi tidak (mempengaruhi jadwal peresmian), tapi secara fungsional iya," kata Kepala Proyek Seksi I Tol Pelembang-Kayu Agung dari PT Waskita Sriwijaya Tol, Gunawan saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (11/3/2020).

Diakui Gunawan, dampak fungsional itu terjadi karena pihaknya harus melakukan pengadaan ulang fasilitas yang hilang. Pengadaan ulang akan membutuhkan waktu lama.

"Berdampak fungsional karena kan kami harus pengadaan ulang dari Jakarta. Itu membutuhkan waktu," katanya.

Untuk mencegah terjadinya pencurian, ia memastikan sudah melakukan patroli rutin siang dan malam. Hanya saja para pelaku beraksi setelah tim patroli lewat.

"Kami sudah ada patroli pengaman, tapi mereka lebih pintar timingnya. Jadi saat patroli sudah lewat mereka mulai beraksi," kata Gunawan.

Dalam catatan Waskita, beberapa barang hilang antara lain pagar panel pengaman area JPO, pagar kawat ROW, reflektor dan rambu. Jika ditotal kerugian akibat pencurian mencapai Rp 100 juta lebih.

"Kalau dihitung total itu bisa lebih dar Rp 100 juta. Kalau yang 20 titik baru hilang masih di bawah Rp 50 juta," tuturnya.

Untuk diketahui, besi-besi pagar hilang dicuri mendekati jadwal peresmian tol. Tol rencananya bakal diresmikan pada minggu kedua bulan ini atau menunggu jadwal Presiden Joko Widodo.

(ras/idh)