Selundupkan 120 WN Sri Lanka ke Prancis, 1 WNI Ditangkap Bareskrim

Audrey Santoso - detikNews
Rabu, 11 Mar 2020 09:03 WIB
Foto: List merah adalah kondisi kapal di Muara Angke sebelum berangkat, list kuning adalah kapal saat tiba di Pulau Reunion Prancis (dok. Istimewa)
Foto: Foto: List merah adalah kondisi kapal di Muara Angke sebelum berangkat. (dok. Istimewa)
Jakarta -

Polisi menangkap seorang pria yang melakukan penyelundupan 120 warga negara (WN) Sri Lanka ke Prancis. Pria berkewarganegaraan Indonesia bernama Lizar alias Rizal itu ditangkap di Kepulauan Riau (Kepri).

"Hari Selasa, 10 Maret 2020 jam 10.00 WIB di Pelabuhan Tradisional Tanjung Balai di dekat PLTU Karimun, Kepri, Subdit III Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri telah melakukan penangkapan terhadap tersangka penyelundupan manusia atas nama Lizar Alias Rizal," kata Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo kepada detikcom, Rabu (11/3/2020).

Rizal diduga berperan mengkoordinasi dan merekrut dua anak buah kapal (ABK) bernama M Aziz dan Haryanto untuk mengantarkan ratusan WN Sri Lanka ke Pulau Reunion, Prancis. Mereka membantu ratusan WN Sri Lanka itu masuk Pulau Reunion secara ilegal.

"Rizal ini perannya koordinator yang memberangkatkan. Dia dapat keuntungan, dibayar Rp 75 juta dari WN Sri Lanka untuk memberangkatkan dengan menyalahi prosedur," jelas Sigit.

Selanjutnya
Halaman
1 2