Round-Up

Rangkuman Data Gempa Sukabumi yang Terasa Hingga DKI

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 11 Mar 2020 06:03 WIB
Gempa Jakarta Selasa (10/3)
Foto: Gempa Jakarta Selasa (10/3) (Dok. BMKG)
Jakarta -

Gempa berkekuatan 5 magnitudo mengguncang wilayah Sukabumi, Jawa Barat. Gempa dirasakan di beberapa wilayah di Jawa Barat, bahkan getaran gempa itu juga terasa di DKI Jakarta.

Gempa terjadi pukul 17.18 WIB Selasa (10/3/2020), gempa berada di koordinat 6,89 lintang selatan (LS) dan 106,62 bujur timur (BT). Titik gempa berada di 13 km timur laut dengan kedalaman 10 km.

BMKG melalui akun resminya mengatakan gempa ini tidak berpotensi menimbulkan bencana tsunami. BMKG juga mengatakan gempa itu terjadi karena aktivitas sesar lokal.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan mendatar (strike-slip fault)," kata Kabag Humas BMKG, Taufan Maulana, Selasa (10/3).

Guncangan gempa dirasakan dengan skala berbeda di sejumlah daerah. Gempa dirasakan di antaranya di Cikidang, Ciambar, Cidahu, dan Kalapa Nunggal dengan skala IV-V MMI atau getaran dirasakan hampir semua penduduk dan orang banyak terbangun.

Sedangkan di Panggarangan, Bayah, Banten, gempa berskala III MMI atau getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan truk berlalu.

Adapun di Citeko dan Sukabumi, getaran gempa dirasakan pada skala II-III MMI atau getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Getaran juga dirasakan di kawasan Jakarta. Getaran itu dirasakan sekitar 10 detik dari Gedung Lantai 9 di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, guncangan juga terasa di gedung BNPB, Jakarta Timur, selama 20 detik.

Doa Warganet Susul Gempa di Sukabumi:

Selanjutnya
Halaman
1 2