Divonis Lepas MA, Eks Dirut Pertamina Karen Keluar Tahanan Kejagung

Wilda Nufus - detikNews
Selasa, 10 Mar 2020 19:30 WIB
Karen Agustiawan Keluar dari Tahanan Kejagung
Karen Agustiawan Keluar dari Tahanan Kejagung. (Foto: Wilda Nufus/detikcom)
Jakarta -

Terdakwa mantan Direktur Utama Pertamina Gallaila Karen Kardinah alias Karen Agustiawan keluar dari Rutan Kejaksaan Agung (Kejagung) usai putusan bebas lepas dinyatakan Mahkamah Agung (MA). Karen sudah menjalani tahanan selama 1,5 tahun dari tuntutan vonis 8 tahun penjara.

Karen keluar dengan wajah semringah dan melambaikan tangan saat keluar dari Rutan Kejagung 2A di Kejaksaan Agung, Jalan Sultan Hasanuddin, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (10/3/2020), pukul 19.08 WIB. Dia terlihat memakai baju biru garis-garis didampingi suami dan anak laki-lakinya keluar dari tahanan Kejagung. Nampak hadir pengacara Karen, Soesilo Aribowo.

"Saya berbahagia sekali, saya kangen sama suami saya," kata Karen saat keluar.

Sebelumnya diberitakan, Mahkamah Agung (MA) melepaskan mantan Direktur Utama Pertamina, Karen Agustiawan, dalam kasus korupsi blok Basker Manta Gummy (BMG) Australia pada 2009 yang disebut merugikan negara Rp 568 miliar. Karen lepas dari hukuman sebelumnya yaitu 8 tahun penjara.

"Majelis hakim kasasi MA yang menangani perkara Karen Agustiawan hari ini, Senin, 9 Maret 2020 menjatuhkan putusan dengan amar putusan antara lain melepaskan terdakwa dari segala tuntutan hukum," kata Jubir MA Andi Samsan Nganro kepada detikcom, Senin (9/3/2020).

"Alasan dalam pertimbangan majelis kasasi antara lain bahwa apa yang dilakukan terdakwa Karen adalah 'business judgment rule' dan perbuatan itu bukan merupakan tindak pidana," imbuhnya.

Sebelumnya dalam perkara ini Karen dinyatakan terbukti melakukan korupsi bersama-sama dengan eks Direktur Keuangan Pertamina Ferederick S.T Siahaan, eks Manajer Merger dan Akuisisi Pertamina Bayu Kristanto, serta Legal Consul and Compliance Pertamina Genades Panjaitan. Karen diyakini telah menyalahgunakan jabatan untuk melakukan investasi.

(idn/idn)