RI-Belanda Kerja Sama Pengendalian Penyakit Menular hingga Perdamaian

Andhika Prasetia - detikNews
Selasa, 10 Mar 2020 17:52 WIB
Kerja sama RI-Belanda
Foto: Kerja sama RI-Belanda/Rahel Narda Chaterina-detikcom
Bogor -

Kunjungan Raja Belanda, Willem Alexander ke Indonesia menghasilkan sejumlah kerja sama. Salah satunya adalah pengendalian penyakit menular antara RSPI Sulianti Saroso dengan Pusat Medis Universitas Erasmus.

"Di bidang infectious diseases control including antimicrobial resistance antara RSPI Sulianti Saroso dengan Erasmus University Medical Center," kata Menlu Retno Marsudi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (10/3/2020).

Kerja sama lainnya yang dijajaki adalah bidang lingkungan dan perhubungan.

"Ada juga Letter of Intent untuk program healthcare profesional. Kemudian perubahan iklim termasuk masalah pengelolaan sampah dan juga join statement kerja sama dibidang perhubungan," ujar Retno.

Diberitakan sebelumnya, Raja Willem mengunjungi Istana Bogor dan bertemu Presiden Jokowi. Keduanya juga sepakat kerja sama di bidang perdamaian.

"Selama kunjungan ini, sudah dilakukan penandatanganan yaitu letter, Letter of Intent (LoI) untuk kerja sama di bidang Women, Peace, and Security, dan juga MoU kerja sama pelatihan diplomatik yg sudah berlangsung 15 tahun. Tahun ini adalah tahun ke-16," ujar Retno.

(dkp/aud)