Menkominfo Sebut Take Down Konten di Medsos Kewenangan Platform

Yogi Ernes - detikNews
Selasa, 10 Mar 2020 16:57 WIB
Menkominfo Johnny G Plate mengkoreksi program Merdeka Sinyal 2020. Ia menghapus angka 2020 dari program yang telah dicanangkan di era Menkominfo Rudiantara.
Menkominfo Johnny G Plate (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta -

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan kementeriannya tak memiliki wewenang melakukan take down terhadap konten atau akun media sosial (medsos). Dia menuturkan selama ini Kemenkominfo hanya sebatas meminta tiap platform medsos melakukan take down terhadap konten-konten yang dilaporkan.

"Dari Kominfo atau pemerintah hanya meminta resmi kepada platform digital, yang men-take down adalah platform digital ya Facebook, Twitter, Instagram," kata Johnny di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (10/3/2020).

Johnny mengaku dirinya terus berkoordinasi dengan pihak platform. Isu-isu baru yang dibahas dari Papua hingga wabah virus Corona (COVID-19).

"Kalau koordinasi terus dilakukan dengan pihak mereka dalam banyak hal, bukan saja masalah Papua, masalah COVID-19 juga. Kan ada banyak sekali yang minta di-take down," ujar Johnny.

Secara khusus ketika menyinggung Papua, Johnny mengungkapkan pentingnya menjaga narasi-narasi yang tepat dalam menjaga situasi sosial di Papua. Politikus NasDem ini mengimbau masyarakat tidak menyebarkan informasi yang kebenarannya belum terbukti.

"Ya kalau terkait dengan komunikasi (soal konflik di Papua) bagaimana narasi-narasi tepat ya. Narasi yang tepat dan counter narasi, artinya kalau informasinya salah ya jangan diteruskan," imbuhnya.

Tonton juga Menkominfo Minta Oknum Stop Sebar Hoax Virus Corona! :

[Gambas:Video 20detik]



(aud/aud)