Tangani Persoalan di Papua, Pemerintah Utamakan Pendekatan Kesejahteraan

Yogi Ernes - detikNews
Selasa, 10 Mar 2020 16:22 WIB
Menkominfo Johnny G Plate
Menkominfo Johnny G Plate (Yogi/detikcom)
Jakarta -

Kondisi di Tembagapura, Papua, beberapa hari terakhir memanas pascapenyerangan yang dilakukan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) terhadap anggota TNI-Polri. Pemerintah merespons cepat situasi tersebut dengan menggelar pertemuan lintas menteri.

Pertemuan digelar di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (10/3/2020). Sejumlah menteri yang hadir, di antaranya Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate, Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi, Menteri Hukum dan HAM (Menkum HAM) Yasonna Laoly, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, serta Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Sakti Wahyu Trenggono.

Menkominfo Johnny G Plate mengatakan pertemuan tersebut membahas terkait pendekatan yang dilakukan pemerintah Indonesia dalam menangani konflik di Papua.

"Yang jelas pendekatan pemerintah Indonesia di sana adalah pendekatan kesejahteraan sehingga yang ditindaklanjuti adalah yang berkaitan dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat Papua," ujar Plate.

Plate menegaskan pemerintah Indonesia saat ini terus berfokus dalam meningkatkan kesejahteraan di Papua agar setara dengan wilayah lain di Indonesia.

Selain itu, Plate mengungkapkan pertemuan hari ini membahas terkait persiapan Papua dalam menyambut beberapa hajatan besar tahun ini. Setidaknya ada dua acara di Papua yang menjadi perhatian pemerintah saat ini.

"Intinya tadi koordinasi di bawah Menko Polhukam bagaimana urusan Papua, khususnya juga ini kan akan banyak kegiatan-kegiatan besar di Papua. Ada MTQ di Papua dan Papua Barat, lalu setelah itu ada PON. Jadi gimana persiapannya sehingga Papua itu siap dalam menyelenggarakan event-event besar," sebut Plate.

Simak Juga Video "Besok, Mahfud Akan Panggil TNI-Polri Bahas Teror KKSB di Papua!"

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2