Menlu Yakin Keris yang Dikembalikan Belanda Asli Milik Pangeran Diponegoro

Andhika Prasetia - detikNews
Selasa, 10 Mar 2020 15:31 WIB
Akhirnya! Keris Pangeran Diponegoro Diserahkan Belanda ke Jokowi
Momen Presiden Jokowi menerima pengembalian keris dari Raja Belanda. (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Belanda mengembalikan keris Pangeran Diponegoro ke Indonesia. Menlu Retno Marsudi menegaskan keris tersebut asli milik Pangeran Diponegoro. Apa dasarnya?

"Dengan datangnya tim dari Indonesia, maka sudah dikonfirmasikan keris tersebut adalah keris Diponegoro dan kemudian dikembalikan ke Indonesia," ujar Retno di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (10/3/2020).

Retno menjelaskan, penelitian berulang kali dilakukan untuk memastikan keaslian keris itu. Proses pengembalian keris Pangeran Diponegoro memakan waktu lama.

"Jadi prosesnya tentunya kita melakukan penelitian bersama untuk betul-betul memastikan bahwa keris ini adalah milik Pangeran Diponegoro," ujar Retno.

Penampakan keris yang dikembalikan Belanda.Penampakan keris yang dikembalikan Belanda. (Foto: Istimewa)

Retno menuturkan pihaknya sudah berkonsultasi dengan Kemendikbud soal keaslian keris itu. Pada akhirnya keris itu diterima pihak KBRI Den Haag sebelum kembali ke Indonesia.

"Saya berkonsultasi juga dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Kemudian beliau mengutus Dirjen Kebudayaan bersama ahli dari Indonesia untuk melakukan pengecekan," ujar Retno.

Keris itu dipamerkan di Istana Bogor dan disaksikan Presiden Jokowi serta Raja Willem dari Belanda. Keris Pangeran Diponegoro disimpan dalam kotak kaca.

"Ditanyakan sama Dirjen Kebudayaan ya, tapi pastinya disimpan dengan baik di museum," ucap Retno.

(dkp/tor)