Kasus Siswi SMK Digerayangi, KPAI Minta Disdik Sulut Periksa Kepala Sekolah

Jabbar Ramdhani - detikNews
Selasa, 10 Mar 2020 14:17 WIB
Komisioner KPAI Bidang Pendidikan Retno Listyarti.
Komisioner KPAI Bidang Pendidikan Retno Listyarti (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Video siswi SMK di Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara (Sulut), digerayangi ramai-ramai oleh pria dan perempuan viral di media sosial (medsos). Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) meminta Dinas Pendidikan Sulawesi Utara (Disdik Sulut) memeriksa kepala sekolah.

"KPAI mendorong Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Utara segera melakukan pemeriksaan kepada kepala sekolah dan jajarannya yang memiliki tanggung jawab melindungi anak-anak selama berada di sekolah dari berbagai bentuk kekerasan, termasuk kekerasan seksual," kata komisioner KPAI Retno Listyarti kepada wartawan, Selasa (10/3/2020).

"Diduga ada kelalaian pihak sekolah dalam pengawasan di lingkungan sekolah," sambung dia.

Retno mengatakan kewajiban tersebut diatur dalam Pasal 54 UU Nomor 35/2014 tentang Perlindungan Anak dan Permendikbud 82/2015 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Satuan Pendidikan.

Retno mengatakan KPAI menyatakan prihatin atas kekerasan seksual yang terjadi di dalam kelas saat jam istirahat tersebut. Dia meminta pelaku diproses dan korban diberi pendampingan.

"KPAI mendorong sekolah memproses kasus pelecehan seksual di lingkungan sekolah agar para pelaku memiliki efek jera dan menyadari kesalahannya. KPAI mendorong anak korban diasesmen dan anak pelaku juga dipsikososial agar dapat dipastikan rehabilitasi psikologis jika diperlukan terapi tindak lanjut," ujar Retno.

Selanjutnya
Halaman
1 2