BPJAMSOSTEK Sosialisasi Kenaikan Manfaat di Jatim, JKK Naik 1350%

Faiq Azmi - detikNews
Selasa, 10 Mar 2020 13:19 WIB
BPJAMSOSTEK
Foto: Faiq Azmi
Surabaya -

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) menggelar Sosialisasi PP Nomor 82 Tahun 2019 terkait kenaikan manfaat Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM). Meski manfaatnya naik, tapi iuran tetap sama.

"Untuk manfaat Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), total bantuan beasiswa yang diberikan kepada dua anak, naik angkanya 1350 persen dari sebelumnya Rp 12 juta menjadi maksimal hingga Rp 174 juta," kata Direktur Pelayanan BPJAMSOSTEK Krishna Syarif di Hotel Vasa Surabaya, Selasa (10/3/2020).

Sosialisasi ini dihadiri langsung oleh ratusan perwakilan perusahaan peserta BPJAMSOSTEK di Jawa Timur. Krishna menjelaskan, bahwa kenaikan manfaat yang tertuang dalam PP Nomer 82 tahun 2019 merupakan perwujudan hadirnya pemerintah sebagai regulator dalam menjamin kesejahteraan pekerja.

"Untuk Program Jaminan Kematian (JKM), ada total maksimal santunan Rp 42 juta naik 75 persen dari angka sebelumnya Rp 24 juta. Kalau di JKM, beasiswa juga mengalami kenaikan, sama seperti Program JKK. Iurannya tetap, manfaatnya naik," lanjutnya.

Krishna mengatakan bahwa semua manfaat tersebut dapat dirasakan oleh pekerja yang terdaftar menjadi peserta BPJAMSOSTEK dan aktif membayar iuran. Oleh karena itu, ia mengajak seluruh pekerja untuk mendaftarkan diri menjadi peserta BPJAMSOSTEK.

"Pendaftaran bisa melalui berbagai kanal di antaranya aplikasi BPJSTKU yang dapat diunduh di Appstore dan Playstore, atau datang langsung ke kantor cabang BPJAMSOSTEK di seluruh wilayah Indonesia. Selain itu bagi pekerja yang ingin mendapatkan informasi lengkap tentang BPJAMSOSTEK dapat menghubungi Contact Center 175 atau follow social media resmi kita," katanya.

Selain sosialisasi manfaat BPJAMSOSTEK, acara ini juga memaparkan terkait Anugerah Paritrana 2020 sebagai ajang pemberian penghargaan oleh BPJAMSOSTEK kepada Pemerintah Provinsi, Pemerintah Daerah, dan Perusahaan Peserta yang memiliki kontribusi yang positif terhadap implementasi jaminan sosial ketenagakerjaan. Anugerah Paritrana ini merupakan kali ke tiga dalam pelaksanaannya sejak tahun 2018 yang lalu.

Kemudian, dalam acara ini juga dilangsungkan pemberian santunan kepada tiga ahli waris pekerja yang terdaftar sebagai anggota BPJAMSOSTEK. Dilanjutkan pemberian santunan kepada anak yatim piatu.

Sosialisasi ini juga dihadiri oleh Anggota Dewan Pengawas BPJAMSOSTEK, Rekson Silaban dan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur, Himawan Estu Bagijo.

(ega/ega)