Viral Pemotor Diduga Ojol Bonceng 4 Orang Bocah Sambil Berdiri di Makassar

Hermawan Mappiwali - detikNews
Selasa, 10 Mar 2020 11:55 WIB
Viral Pemotor Diduga Ojol Bonceng 4 Orang Bocah Sambil Berdiri di Makassar
Foto: Dok. Istimewa
Makassar -

Viral pemotor memakai seragam ojek online (ojol) sambil membonceng empat orang siswa SD alias kelebihan muatan. Satu orang di antaranya bahkan dibonceng sambil berdiri di belakang.

Dalam video yang viral, disebutkan peristiwa yang tak patut di contoh ini terjadi di jalan Sungai Saddang Baru, Makassar, pada Senin (8/3). Tampak seorang pria menggunakan seragam ojol mengendarai motor dengan empat orang siswa SD sebagai penumpang.

Polisi yang melihat postingan ini mengatakan akan melakukan penyelidikan terhadap siapa pengendara dalam video. Polisi menyebutkan ulah pengendara yang seperti ini sama sekali bukan hal yang patut ditiru.

"Sudah pasti kami akan selidiki siapa pengendaranya, yang begitu itu tidak patut," ujar Kepala Bagian Operasi (KBO) Lantas Polrestabes Makassar, AKP Hartati saat dimintai konfirmasi, Selasa (10/3/2020).

Hartati menjelaskan, perbuatan pengendara dalam video tersebut melanggar peraturan, salah satunya karena empat orang siswa SD sama sekali tidak memakai atribut keselamatan.

"Oh ini pemuatan Pasal 292 dan Pasal 291 tidak memakai helm. Belum lagi kalau kita periksa STNK dan SIM ditambah sanksi dari pihak penyelenggara ojol, kalau nantinya setelah kita cek benar pengendara ojol," ujar Hartati.

Selain itu, kata dia lagi, para orang tua dari bocah yang dibonceng harus memiliki peran penting untuk menghindari kejadian seperti di dalam video yang viral.

"Harus dong orang tua berperan serta. Kalau anak di bawah umur maka sorotannya akan lebih kepada orang tuanya," ujar Hartati.

"Coba lihat, kasihan kan sampai anak-anak dibonceng seperti itu, ada apa-apa di jalan kan mereka yang jadi korban," pungkas Hartati.

(yld/yld)