Round-Up

Lonjakan 13 Kasus Baru Pasien Positif Corona di Wilayah Indonesia

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 10 Mar 2020 09:42 WIB
The close up shot of the dropper and the brown glass bottle.
Ilustrasi (iStock)
Jakarta -

Pasien positif virus Corona (COVID-19) di Indonesia melonjak. Kini, ada 19 orang terinfeksi virus itu.

Lonjakan pasien positif Corona itu disampaikan juru bicara pemerintah untuk penanganan virus Corona, Achmad Yurianto, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (9/3/2020). Yuri menyampaikan ada 13 pasien baru yang terkonfirmasi positif Corona.

"Sehingga hari ini jumlah kasus yang terkonfirmasi positif sebanyak 19, penjumlahan dari pasien nomor 1-6," kata Yuri.

Dari 13 pasien tersebut, 2 orang merupakan warga negara asing (WNA). Namun Yuri enggan menjelaskan dari mana asal mereka.

Yuri menuturkan, mayoritas dari 13 pasien merupakan imported case, artinya WNI tersebut mendapatkan virus di luar negeri atau bukan di Indonesia.

Setidaknya ada 7 orang yang merupakan imported case. Sisanya merupakan hasil tracing kasus nomor 01 dan nomor 03 serta pasien yang tertular dari imported case.

Jumlah ini bertambah dari yang disampaikan Yuri pada Minggu (8/3) lalu. Per Minggu lalu, pasien positif Corona hanya berjumlah 6 orang.

Lima di antaranya merupakan cluster Jakarta atau kelompok dansa. Sementara satu orang merupakan imported case ialah ABK Diamond Princess.

"Confirm COVID-19 yang kita sebut sebagai kasus 06, laki-laki 36 tahun ini adalah imported case yang didapatkan dari Jepang, pada saat bekerja di kapal Diamond Princess," kata Yuri pada Minggu (8/3).

Simak video 2 Warga Albania Pertama Terjangkit Virus Corona:

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2