Dikritik karena Ikut Pertemuan Partai di Jam Kerja, Ini Kata Menkominfo

Yulida Medistiara - detikNews
Senin, 09 Mar 2020 18:04 WIB
Johnny Plate
Foto: Kominfo
Jakarta -

Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) dan ICW mengkritik Menkominfo Johnny G Plate, yang juga Sekjen NasDem, karena ikut dalam pertemuan dengan Partai Golkar di jam kerja. Ia menilai justru pertemuan antara NasDem dan Golkar hari ini merupakan bagian dari kerja untuk mendukung program pemerintahan Jokowi.

"Yang dibahas tadi dukungan kepada kebijakan pemerintah termasuk di dalamnya terkait UU Omnibus Law. Mendukung kebijakan pemerintah, setelah itu kembali ke kantor bekerja, saya juga sekarang ada di kantor," kata Johnny kepada detikcom, Senin (9/3/2020).

Menurut Johnny, jam kerja menteri tidak dibatasi jam kerja kantor, bahkan bisa hingga malam. Ia mengatakan pertemuan tersebut merupakan bagian dari kerja menteri untuk mendukung program Jokowi, adapun yang dibahas terkait dengan dukungan terhadap omnibus law dan penanganan Corona.

"Kami ingin memastikan langkah-langkah dan kebijakan presiden itu diterjemahkan dengan baik oleh langkah-langkah politik, oleh kekuatan politik NasDem dan Golkar baik di pemerintahan maupun di DPR, MPR bahkan di pemerintah daerah yang mana kami mempunyai unsur kekuatan politiknya," kata Johnny.

Ia mengaku menerima kritik yang disampaikan, tapi ia menegaskan pertemuan itu juga bagian dari kerja. Dia menyebut permasalahan Corona dan omnibus law justru diprioritaskan.

"Jadi bahwa kritik oke kita menerima tetapi kita tidak melihat jam kerja dari perspektif waktu saja, yaitu jam masuk kerja dan selesai kerja, penugasan politik itu berlangsung 24 jam sama seperti anggota polisi," ujarnya.

"Tadi kami bicarakan efek dari corona, masalah corona bagaimana diatasi bukan hanya dari medis dan non medisnya, perang dagang dunia antara AS dan Tiongkok, justru kita bicara itu. Justru kita prioritaskan. Yang pertama dibicarakan Pak Airlangga dan dijawab Pak Surya Paloh adalah masalah corona bagaimana kita hadapi," imbuhnya.

Sebelumnya, Airlangga bertemu dengan Ketum Partai NasDem Surya Paloh. Dalam pertemuan itu, Wakil Ketua Umum Golkar yang juga Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita turut mendampingi Airlangga. Sedangkan Paloh didampingi Sekjen NasDem yang juga Menkominfo, Johnny G Plate.

Pertemuan di tengah jam kerja yang melibatkan 3 menteri Jokowi itu pun disindir Formappi. Formappi mengungkit soal isu Corona (COVID-19) sebagai pekerjaan yang semestinya ditangani serius oleh para menteri di hari kerja.


Tonton juga NasDem-Golkar Sepakat Pasal Omnibus Law Kontroversial Dievaluasi Ulang! :

[Gambas:Video 20detik]



(yld/tor)