Cek Langit Senja Sekarang Juga, Ada Bulan Cacing Penuh!

Danu Damarjati - detikNews
Senin, 09 Mar 2020 17:52 WIB
Penampakan supermoon di Jakarta
Foto ilustrasi (Sutan Felani/pembaca detikcom)
Jakarta -

Mulai sore ini hingga besok pagi, ada fenomena supermoon yang terjadi di langit. Rembulan terlihat lebih besar ketimbang biasanya. Ini adalah Bulan Cacing Penuh.

"Yuk, jangan lewatkan fenomena yang satu ini," demikian tulis Pusat Sains Antariksa, Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional (LAPAN) di situsnya, Senin (9/3/2020).

Dihubungi terpisah, Peneliti Pusat Sains Antariksa LAPAN, Rhorom Priyatikanto, menjelaskan Bulan Cacing Penuh terjadi karena bulan purnama terjadi pada titik paling dekat dengan bumi. Bulan Cacing Penuh dapat disaksikan mulai bulan terbit pukul 17.58 WIB sampai terbenam pada pukul 06.15 WIB, Selasa (10/3) besok.

Meski purnama istimewa itu dapat diamati sejak senja ini, puncak Bulan Cacing Penuh akan terjadi pada pergantian hari nanti, yakni pukul 00.48 WIB.

"Puncaknya sekitar tengah malam nanti sehingga bisa disaksikan di Indonesia atau di negara lain," kata Rhorom.

Warna bulan purnama ini akan terlihat kekuningan seperti bulan purnama pada umumnya, hanya saja ukurannya sedikit lebih besar. Lalu, kenapa sih dinamakan Bulan Cacing Penuh?

Bulan purnama ini dikenal oleh suku-suku asli Amerika awal sebagai Bulan Cacing Penuh karena ini adalah tahun ketika tanah akan mulai melunak dan cacing tanah akan muncul kembali. Bulan ini juga dikenal sebagai Full Crow Moon, Full Crust Moon, Full Sap Moon, dan Lenten Moon.

Selanjutnya
Halaman
1 2