Panglima Ungkap Cara Kerja Aplikasi Lancang Kuning Nusantara Atasi Karhutla

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Senin, 09 Mar 2020 14:55 WIB
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Idham Azis meresmikan aplikasi Lancang Kuning Nusantara.
Foto: Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Idham Azis meresmikan aplikasi Lancang Kuning Nusantara. (Kadek-detikcom)
Pekanbaru -

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Idham Azis meresmikan aplikasi Lancang Kuning Nusantara untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Hadi membeberkan 3 tahapan untuk mengatasi karhutla.

"Ada 3 hal yang harus kita perhatikan dalam aplikasi Lancang Kuning Nusantara," Kata Hadi dalam sambutannya di Balai Serindit Aula Gubernuran, Jalan Diponegoro, Pekanbaru, Riau, Senin (9/3/2020).

Hadi kemudian menjelaskan tahapan pertama yakni tahap deteksi. Tahap ini merupakan tahapan yang menggunakan penginderaan jarak jauh dapat mendeteksi lokasi lebih cepat sehingga informasi bisa didapatkan secara real-time.

"Yang pertama adalah aplikasi ini sebagai deteksi menggunakan penginderaan jarak jauh yang dulu sebelum ada aplikasi ini, kita mendapatkan informasi kadang terlambat. Karena apa? karena informasi yang dimiliki oleh lingkungan hidup yakni informasi hotspot satelit berputar setiap 6 jam lalu kita mendapatkan hotspot yang sebenarnya," jelasnya.

"Namun dengan adanya aplikasi ini, kita mendapatkan informasi real-time. Demikian Kapolda? Real-time terbagi nya hotspot di manapun berada. Artinya kita secara dini sudah bisa mendeteksi," lanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2