Italia Lockdown Imbas Corona, Kemlu Pastikan Belum Ada WNI Kena COVID-19

Indra Komara - detikNews
Senin, 09 Mar 2020 11:29 WIB
Jumlah kasus virus corona di wilayah Italia kembali mengalami lonjakan. Petugas terus menyisir setiap sudut kota dengan menyemprotkan cairan desinfektan.
Jumlah kasus virus Corona di wilayah Italia kembali mengalami lonjakan. Petugas terus menyisir setiap sudut kota dengan menyemprotkan cairan desinfektan. (Claudio Furlan/AP)
Jakarta -

Pemerintah Italia memutuskan melakukan lockdown di sejumlah wilayah imbas Corona. Tercatat ada 15 wilayah di Italia yang di-lockdown.

Kementerian Luar Negeri RI dalam situs resminya menginformasikan bahwa belasan wilayah yang di-lockdown adalah wilayah Lombardia, wilayah Veneto (Provinsi Venezia, Padova, Treviso), wilayah Emillia Romagna (Provinsi Modena, Parma, Piacenza, Reggio Emilia, Rimini), wilayah Piemonte (Provinsi Alessandria, Asti, Novara, Verbano, Vercelli), dan wilayah Marche (Provinsi Pesaro-Urbino). Wilayah-wilayah itu diisolasi untuk mengendalikan penyebaran virus Corona COVID-19.

Berdasarkan data Kemlu RI, ada 1.239 WNI yang tinggal menetap di wilayah Italia yang di-lockdown KBRI Roma memastikan, belum ada WNI yang terkena virus Corona.

"Hingga saat ini belum ada WNI yang terinfeksi COVID-19 di wilayah lockdown. Secara umum para WNI tetap tenang dan memutuskan tinggal di rumah sesuai ketentuan otoritas setempat. Suplai bahan pangan sehari-hari masih terjamin," demikian pernyataan KBRI Roma, seperti dikutip situs Kemlu, Senin (9/3/2020).

KBRI Roma telah menyusun panduan langkah kontijensi dan menetapkan nomor hotline COVID-19 serta menyampaikan imbauan langkah-langkah pencegahan. Selain itu, pihak KBRI terus berkoordinasi dengan otoritas setempat dan menjalin komunikasi dengan para WNI di wilayah tersebut, termasuk melalui berbagai koordinator wilayah masyarakat Indonesia.

WNI di Italia Utara diimbau untuk tetap tenang serta mengambil langkah pencegahan dan mengikuti aturan yang ditetapkan otoritas kesehatan setempat, dan memantau informasi dari KBRI Roma.

Simak Juga Video "Dalam Sehari 133 Orang Tewas di Italia Gegara Corona"

[Gambas:Video 20detik]

(idn/tor)