375 Penumpang Viking Sun Kembali ke Negaranya Via Bandara Ngurah Rai Besok

Angga Riza - detikNews
Minggu, 08 Mar 2020 19:11 WIB
Kapal pesiar Viking Sun bisa berlabuh dan menurunkan penumpang di Bali, setelah semua penumpang dan kru dinyatakan sehat.
Penumpang kapal pesiar Viking Sun turun di Pelabuhan Benoa. (Foto: Angga Riza/detikcom)
Denpasar -

Sebanyak 375 penumpang yang turun dari kapal pesiar Viking Sun di Pelabuhan Benoa, Bali, akan kembali ke negara asalnya masing-masing. Ratusan penumpang kapal itu akan kembali ke negaranya menggunakan pesawat esok hari.

"Dari 738 itu, ada 375 penumpang yang akan turun di Pelabuhan Benoa dan mereka akan kembali ke negara mereka dengan melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai," kata Kepala Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas II Benoa Agustinus Maun kepada wartawan, Minggu (8/3/2020).

Kapal Viking Sun diketahui mengangkut 738 penumpang dan 452 kru. Kapal tersebut akan dijadwalkan meninggalkan bali besok sore.

"Kami kurang tahu tepatnya dari warga mana saja. Yang saya tahu ada dari Amerika dari Inggris, Australia, Kanada," ungkap Agus.

"Rencananya mereka ini akan meninggalkan Pelabuhan Benoa pada tanggal 9 (Maret) besok pada pukul 18.00 Wita," imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, kapal pesiar Viking Sun bisa berlabuh dan menurunkan penumpang di Bali, setelah semua penumpang dan kru dinyatakan sehat. Pemeriksaan terhadap kru dan penumpang kapal dilakukan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) sesuai dengan aturan WHO.

"Terkait kapal Viking Sun yang diizinkan turun itu setelah dilakukan pemeriksaan pemenuhan protokol kesehatan WHO oleh tim kantor kesehatan pelabuhan (KKP) yang dilakukan kemarin selama dua kali, yang pertama dilakukan dari pukul 08.30 sampai pukul 10.00 pagi, kemudian dilanjutkan pada malam hari pada pukul 08.00 sampai pukul 10.30 hampir jam sebelas selesai," kata Kepala Kantor KSOP Kelas II Benoa Aguatinus Maun di kantornya, Minggu (8/3).

Dinyatakan Sehat, Kru-Penumpang Kapal Pesiar Viking Sun Turun:

[Gambas:Video 20detik]



(zak/zak)