Kalista Iskandar Salah Ucap Pancasila, Anggota DPR: Tak Perlu Dipermasalahkan

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Minggu, 08 Mar 2020 05:49 WIB
Puteri Anetta Komarudin
Puteri Komarudin (Foto: Rolando/detikcom)
Jakarta -

Anggota DPR dari Fraksi Golkar, Puteri Komarudin, mengatakan insiden salah ucap Pancasila oleh Finalis Puteri Indonesia dari Sumatera Barat Kalista Iskandar tak perlu dipermasalahkan berlebihan. Puteri mengatakan kemampuan menghafal bukan sesuatu yang luar biasa.

"Menanggapi Finalis Puteri Indonesia yang tidak berhasil melafalkan Pancasila dengan tepat pada saat acara Grand Final Pemilihan Puteri Indonesia 2020, saya kira hal tersebut tidak perlu dipermasalahkan secara berlebihan. Kemampuan menghafal itu menurut saya bukan sesuatu yang istimewa. Yang lebih penting adalah bagaimana kita dapat mendalami dan memahami setiap butir dari kelima sila yang terkandung dalam Pancasila untuk selanjutnya dapat kita implementasikan dalam kehidupan sehari-hari," kata Puteri kepada wartawan, Sabtu (7/3/2020) malam.

Puteri menduga Kalista grogi karena tampil di depan banyak orang. Puteri memaklumi hal tersebut.

"Mungkin saja dia menjadi gugup karena berhadapan dengan banyak orang, apalagi acara tersebut disiarkan secara langsung oleh salah satu stasiun televisi nasional. Jadi, kesalahan dalam melafalkan Pancasila dalam situasi seperti itu saya anggap wajar-wajar saja dan seharusnya dapat kita maklumi," ujar dia.

Selanjutnya
Halaman
1 2